PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS STORYLINE ARTICULATE PADA MATA KULIAH PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AKBAR EKO PRASETYO, . (2017) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS STORYLINE ARTICULATE PADA MATA KULIAH PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran mata kuliah pembangkit energi listrik, jumlah alokasi waktu perkuliahan yang terbatas membuat peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang ada. Selain itu belum adanya sumber belajar yang dapat mengilustrasikan secara interaktif dan menarik proses pembangkitan energi listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik pembelajaran berbasis Storyline Articulate pada mata kuliah pembangkit energi listrik di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta serta menguji kelayakan modul elektronik yang dikembangkan tersebut. Pengembangan modul elektronik ini menggunakan Model Rapid Prototyping dari Tripp-Bichelmeyer. Ada lima proses yang harus dilakukan dalam model ini. Tahapan tersebut berupa analisis penilaian kebutuhan dan analisis konten, menetapkan tujuan pembelajaran, mengembangkan prototipe/penelitian, memanfaatkan prototipe/penelitian, dan memasang sistem. Hasil produk modul elektronik yang dikembangkan berupa software aplikasi dengan ekstensi executable (.exe). Hasil uji kelayakan berdasarkan hasil angket menurut ahli materi mendapat skor dengan persentase 89,06% masuk dalam kategori “layak”, berdasarkan hasil angket menurut ahli media mendapat skor dengan persentase 75,00% masuk dalam kategori “cukup layak” dan menurut tanggapan mahasiswa sebagai respon pengguna termasuk dalam kategori “baik” dengan skor rata-rata 66,6. Kesimpulan dari penilitian ini bahwa modul elektronik berbasis Storyline Articulate yang dikembangkan baik dan layak digunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar pembangkit energi listrik. In the process of learning the course of electrical energy generation, the number of time allocation of limited lectures make learners feel difficulty in understanding the existing learning materials. Besides the lack of learning resources that can illustrate in an interactive and engaging process of electrical energy generation. This research aimed to develop an electronic module based Articulate Storyline on electrical energy generation in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Jakarta as well as test the feasibility of electronic modules are developed This electronic module development using Rapid Model Prototyping of TrippBichelmeyer. There are five processes that must be performed in this model. Stages in the form of needs assessment analysis and content analysis, establish learning objectives, develop a prototype / research, utilizing prototype / research, and installing the system. The results of the electronic module products are developed in the form of software applications with the extension executable (.exe). The results of the feasibility test is based on the results of questionnaires by subject matter experts scored with a percentage of 89.06% in the category of "eligible", based on the results of questionnaires according to media experts scored with a percentage of 75.00% in the category of "eligible enough" and according to student responses as user response included in the category of "good" with an average score of 66.6. The conclusion from this research that the electronic module is developed based Articulate Storyline good and fit for use as an alternative source of electrical energy generation learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Suyitno. M.Pd 2) Dra. Ermi Media’s, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:38
Last Modified: 01 Jul 2022 03:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31317

Actions (login required)

View Item View Item