PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PPMB FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

OTTO R MANALU, . (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PPMB FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
03. LEMBAR PESETUJUAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (976kB)
[img] Text
01. COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
11.b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
11.c. BAN III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
11.d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
11.e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
11.a. BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha pada mahasiswa pmmb fakultas ekonomi universitas negeri jakarta. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan, terhitung dari bulan Maret hingga Juli 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa ppmb fakultas ekonomi yang berjumlah 206. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotionated Stratified Random Sampling, maka sampel dalam penelitian sebanyak 131 responden. Teknik pengambilan sampelnya yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan uji persyaratan analisis, data berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha sebesar 1.000 > 0,01 dan nilai VIF sebesar 1.000 < 10. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Ỹ = 39,822 + 0,241 X1 + 0,354 X2 Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Besar uji F (Fhitung > F tabel) yaitu sebesar 7,713 > 3,07. Kedua, berdasarkan uji t thitung > ttabel) yaitu sebesar yaitu pendidikan kewirausahaan sebesar 2,710 < 1,978 dan motivasi berwirausaha sebesar2,784 > 1,978. Berdasarkan uji koefisien determinasi, pendidikan ekonomi dan motivasi berwirausaha secara simultan berpengaruh terhadap keterampilan berwirausaha sebesar 10,8%, sedangkan 80,2 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulannya dalam penelitian ini ialah terdapat pengaruh negative signifikan antara pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap keterampilan berwirausaha pada mahasiswa ppmb fakultas ekonomi universitas negeri jakarta ********** This study aims to study whether it involves entrepreneurship education and entrepreneurship motivation in PBM students of the Jakarta State University Economics School. This research was conducted for two months, continued from March to July 2018. The research method used was a survey method. The population in this study were all ppmb students of the faculty of economics collected 206 .. The sampling technique used was Proposiated Stratified Random Sampling, then the sample in the study was 131 respondents. The sampling technique used is to use a questionnaire, and documentation. Based on the test requirements analysis, the data is normally distributed and has a linear relationship. Based on the classic assumption test, the multicollinearity test is estimated to have a Tolerance value from entrepreneurship education and entrepreneurship motivation of 1,000> 0.01 and a VIF value of 1,000 <10. The regression equation obtained is based on Ỹ = 39,822 + 0,241 X1 + 0,354 X2 based on the F test and t test. The size of the F test (Fcount> F table) is equal to 7,713> 3.07. Second, based on the t-test> t table) namely entrepreneurship education of 2.710 <1.978 and entrepreneurship motivation of 2.784> 1.978. Based on the test of determination, economic education and entrepreneurial motivation simultaneously affect the entrepreneurial skills of 10.8%, while 80.2% is needed by other factors that are not needed. The conclusion in this study there is a significant negative effect between entrepreneurship education and entrepreneurship motivation on entrepreneurial skills in PPMB students of the Faculty of Economics, Jakarta State University

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suparno, S.Pd.,M.Pd. ; 2). Herlitah MEC.Dev
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:58
Last Modified: 05 Jul 2022 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31414

Actions (login required)

View Item View Item