PENGARUH PARENT ATTACHMENT (IBU – AYAH) TERHADAP AGRESI SISWA KEPADA GURU

WIDI JULIANA LESTARI, . (2019) PENGARUH PARENT ATTACHMENT (IBU – AYAH) TERHADAP AGRESI SISWA KEPADA GURU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Widi J. Lestari_1125154096_Pengaruh Parent Attachment terhadap Agresi Siswa kepada Guru.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara parent attachment (ibu – ayah) terhadap agresi siswa kepada guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 386 siswa di sekolah menengah (N=386) yang berada di wilayah Jakarta Pusat, dengan menggunakan teknik sampling yaitu multi stage random sampling. Proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Agresi dengan 24 butir pernyataan dan Inventory of Parent and Peer Attachment Revised (IPPA-R) dengan 24 butir pernyataan. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji regresi linear berganda. Pengaruh yang dihasilkan bersifat negatif signifikan yang berarti semakin tinggi parent attachmentnya, maka semakin rendah tingkat agresi siswa kepada gurunya. Besar pengaruh parent attachment (ibu – ayah) terhadap agresi siswa kepada guru adalah sebesar 4.2 % dan sisanya sebesar 95.8 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fitri Lestari Issom, M.Si. ; 2). Dr. Herwanto, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 15:27
Last Modified: 05 Feb 2020 15:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item