ANNISA AYU FITRIA, . (2017) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA DI KELAS IV SD AL-AZHAR SYIFA BUDI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
5 BAB I - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
|
Text
4 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
2 ABSTRAK, RINGKASAN, DAN LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (242kB) |
|
Text
1 COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
3 KATA PENGANTAR.pdf Download (88kB) |
|
Text
6 BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
|
Text
7 BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (476kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis deskripsi siswa SD AL-AZHAR SYIFA BUDI dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan statistik regresi dan korelasi. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis deskripsi? (2) Apakah terdapat hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis deskripsi? (3) Apakah terdapat hubungan penguasaan koakata dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskripsi? Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis deskripsi dengan taraf signifikan = 0,05 didapat thitung 4,160 > ttabel 1,684 (2) Terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis deskripsi dengan taraf signifikan = 0,05 didapat thitung 3,623 > ttabel 1,684 (3) Terdapat hubungan positif penguasaan kosakata dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskripsi dengan taraf signifikan = 0,05 didapat Fhitung 11,264 > Ftabel 1,684. Implikasi dalam penelitian ini mengidentifikasikan bahwa kemampuan menulis deskripsi dapat mempengaruhi penguasaan kosakata, dan kemampuan berpikir kreatif siswa. * The purpose of this study is to determine the relationship between vocabulary mastery, creative thinking skill and the ability to write description of 50 students at AL-AZHAR SYIFA BUDI elementary school.This research uses survey method with the approach of regression and correlation. The main issues of this study are as follows: (1) Is there any relationship between vocabulary mastery and the ability to write description? (2) Is there any relationship between creative thinking skill and the ability to write description? (3) Is there any relationship between vocabulary mastery and creative thinking skill with the ability to write description? The results indicate that (1) There is a positive relationship between vocabulary mastery and the ability to write description in significant level = 0,05 results tcount 4,160 > ttablel 1,684 (2) There is a positive relationship between creative thinking skill and the ability to write description in significant level with significant extent = 0,05 results tcount 3,623 > ttable 1,684 (3) There is a positive relationship between vocabulary mastery, creative thinking skill and the ability to write description in the significant level = 0,05 results Fcount 11,264 > Ftable 1,684. The implications of this research identify that the ability to write description may affect vocabulary mastery and creative thinking skills of students.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Totok Bintoro, M. Pd. ; 2). Dr. Fahmi Idris. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 06:46 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 06:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31468 |
Actions (login required)
View Item |