RETENSI SISWA SMP DITINJAU DARI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE BERBANTUAN POWER POINT DAN BUKU PAKET SERTA EFIKASI DIRI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

DWI KUSUMASARI, . (2019) RETENSI SISWA SMP DITINJAU DARI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE BERBANTUAN POWER POINT DAN BUKU PAKET SERTA EFIKASI DIRI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER TESIS dwi k.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2. ABSTRAK& ABSTRACT dwi k.pdf

Download (289kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (105kB)
[img] Text
4. Lembar originalitas.pdf

Download (69kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR dwi k.pdf

Download (190kB)
[img] Text
11. BAB III dwi k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
11. BAB II dwi k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
11. BAB V dwi k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
11. BAB 1 dwi k.pdf

Download (218kB)
[img] Text
13. Lampiran dwi k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
12. DAPUS.pdf

Download (460kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
11. BAB IV dwi k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Indikasi adanya kesulitan proses pembelajaran dapat di amati dari hasil belajar yang rendah. Hasil belajar yang rendah biasanya terjadi pada materi yang sulit seperti materi klasifikasi makhluk hidup. Salah satu hal yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah kemampuan retensi siswa. Kemampuan retensi siswa dapat di perbaiki dengan penerapan model pembelajaran Search ,Solve, Create and Share dan mengukur tingkat efikasi diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui retensi siswa smp ditinjau dari penggunaan model Search, Solve, Create, and Share berbantuan power point dan buku paket serta efikasi diri pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket efikasi diri siswa dan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Citra Nusa yang berjumlah 120 siswa. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data di analisis menggunakan uji anava dua jalur pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS berbantuan power point dan buku paket terhadap retensi siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. 2). Terdapat pengaruh efikasi diri terhadap retensi siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. 3). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran SSCS berbantuan power point dan buku paket dengan efikasi diri dalam memberikan pengaruh terhadap retensi siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Model pembelajaran SSCS berbantuan power point dan buku paket serta efikasi diri sama-sama berpengaruh pada retensi siswa meskipun keduanya tidak saling berinteraksi. Indications of difficulties in the learning process can be observed from low learning outcomes. Low learning outcomes usually occur in difficult material such as material classification of living things. One of the things that affects the low learning outcomes is the student's retention ability. Students 'retention abilities can be improved by applying the Search, Solve, Create and Share learning models and measuring students' self-efficacy levels. This study aims to determine the retention of junior high school students in terms of the use of the Search, Solve, Create, and Share models assisted by power point and package books and than self-efficacy in the material classification of living things. The research method used was a quasi-experimental 2 x 2 factorial design. The instruments used in this study were student self efficacy questionnaires and multiple choice forms of learning outcomes. The research subjects were seventh grade students of Citra Nusa Middle School, totaling 120 students. Sampling by simple random sampling. Data were analyzed using two-way anava test at α = 0.05. The results of the study show that: 1). There is the influence of the SSCS learning model assisted by the power point and package books on student retention in the material classification of living things. 2) There is the effect of self-efficacy on student retention in the material classification of living things. 3). There is no interaction between SSCS learning models assisted by power point and package books with self-efficacy in influencing student retention in the material classification of living things. The SSCS learning models assisted by power point and package books and also self efficacy both influence student retention even though they do not interact with each other.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti S, M.Si. ; 2). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:13
Last Modified: 15 Jul 2022 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31800

Actions (login required)

View Item View Item