AGUSTIA NINGSIH STIVANY, . (2013) PENGARUH KEMITRAAN USAHA TERHADAP DAYA SAING UKM MEBEL DI KLENDER JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Agustia.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemitraan usaha, daya saing UKM, dan menguji pengaruh kemitraan usaha terhadap daya saing UKM Mebel di Klender Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada UKM Mebel yang ada di kawasan sentra mebel Klender Jakarta timur selama dua bulan terhitung dari Bulan Mei sampai dengan awal Juli 2013 Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian adalah seluruh anggota Koperasi Industri Kayu dan Mebel yang berjumlah 169 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak sederhana. Jumlah sampel sebanyak 45 sampel.Teknik analisa data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 38,68 + 0.799X. Sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors diperoleh Lhitung ( 0,101) < Ltabel (0,132), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinearan regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (17,17 > Ftabel (4,07) yang menyatakan regresi sangat berarti serta uji linearitas regresi yang menghasilkan Fhitung (1,19) < Ftabel (2,05) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Uji hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi hubungan dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,534. Kemudian uji signifikansi dengan thitung sebesar 4,14 dan ttabel sebesar 1,68. Karena thitung > ttabel , maka disimpulkan nahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemitraan usaha dengan daya saing UKM mebel di Klender Jakarta Timur. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 0,2854, hal ini berarti variasi variabel Y (daya saing usaha) dipengaruhi oleh variabel X (kemitraan usaha) sebesar 0,2854. Hasil penelitian ini telah menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan kemitraan usaha terhadap daya saing usaha. Hal ini menunjukkab bahwa semakin kuat hubungan kemitraan yang dijalin maka akan menciptakan daya saing yang tinggi. ***** This study aimed to describe the business partnership, the competitiveness of SMEs, and business partnerships to examine the effect of the competitiveness of SMEs Furniture in East Jakarta Klender. Data was collected through questionnaires and interviews. The research was conducted on existing SMEs in the furniture center furniture Klender eastern Jakarta for two months from May to early July 2013 the research method used was a survey method with the correlational approach. Data was collected through questionnaires and interviews. The study population were all members of the Wood and Furniture Industry Cooperatives, amounting to 169 people. Sampling technique is simple random technique. The total sample of 51 sampel.Teknik data analysis begins with the search for a simple regression equation and obtained the regression equation Y = 38,68 + 0.799X. While testing the normality test requirements analysis error estimates of regression Y on X with Liliefors obtained Lhitung test (0.101) <Ltabel (0.132), this means that the samples come from normally distributed population. Significance testing and regression kelinearan using Analysis of Variance table (ANOVA) F value obtained regression equation (17.17> F (4.07) which states very significant regression and regression linearity test that produces Fcount (1.19) <F table (2, 05) which indicates that the regression model used is linear. Hypothesis testing is done with the relationship with the correlation coefficient generate rxy Product Moment formula was 0.534. Then test with a significance of 4.14 t and 1.68 ttable. Because t> t table, it was concluded nahwa significant relationship exists between business partnerships with SMEs competitiveness Klender furniture in East Jakarta. KD determination coefficient test result of 0.2854, this means that the variation of the variable Y (business competitiveness) is affected by the variable X (partnership) of 0.2854. results of this study have shown a positive and significant impact on the competitiveness of the business partnership business. This menunjukkab that the stronger the relationship a partnership that will create the high competitiveness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sri Indah Nikensari, SE., M.Si. ; 2). Ari Saptono, SE., M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 14651 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 02:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31935 |
Actions (login required)
View Item |