ARUM KISMO HARINI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KHARISMAWITA JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ARUM KISMO HARINI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan fakta yang valid (Shahih, benar) dan reliabel (dapat dipercaya) tentang apakah terdapat Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kreativitas Belajar Siswa di SMA KHARISMAWITA Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMA KHARISMAWITA selama 7 bulan terhitung bulan Desember 2012 sampai dengan bulan Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMA KHARISMAWITA Jakarta Selatan. Data variabel Y adalah kreativitas belajar siswa dan data variabel X adalah efikasi diri, yang merupakan data primer yang dapat dari instrumen yang berbentuk kuesioner. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah mencari persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ= 47,82+ 0,616X. Hasil uji normalitas liliefors Lhitung = 0,061 sedangkan Ltabel untuk n=45 pada taraf signifikasi 0,05 adalah 0,132. Karena Lhitung < Ltabel variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian koefisien regresi menghasilkan Fhitung (18,08) > Ftabel (4,15) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,27) < Ftabel (2,12) sehingga disimpulkan persamaan regresi tersebut linier. Perhitungan koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rhitung = 0,544. Selanjutnya dilakukan uji-t menghasilkan thitung (4,25 ) > ttabel (2,00). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan kreativitas belajar siswa. Dengan perhitungan koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 0,2960. Ini berarti efikasi diri memberikan kontribusi atau sumbangan sebesar 29,60% terhadap kreativitas belajar siswa. The purpose of this research is to find valid and reliability data and fact about the possibility a correlation between Self Efficacy With Student Creativity of Learning Economic At Kharismawita Senior High School On South Jakarta. This research, conducted for seven months from December 2012 to Juny 2013. The method of research used is survey method with correlation approach. The population research were 45 student from class X Kharismawita Senior High School. Variable data Y Student Creativity Of Learning and data X Self Efficacy are primer data from questionnaire. The analiysis test by finding regression equation, that is Ŷ = 47,82 + 0,616X. After that data normally test by using Liliefors and the result is Lcount= 0,061 while Ltabel for 45 in significant level 0,05 is 0,132. So Lcount < Ltabel mean that mistake of predicition regression Y to X has normal distribution. For regression significance test and result is F count (18, 08) > Ftabel (4,15) showing that, is has significance regression. While regression linierity test, Fcount (1,27) < Ftabel (2,12) showing that regression is linier. The result of product moment of corelations coefficient test, is rxy = 0,544. Continued by using correlation coefficient significance test with t-test. Counting result is tcount (4,25)> ttabel(2,00). The result of this research is that there is significance correlations between Self Efficacy with Student Creativity of Learning Economic At Kharismawita Senior High School On South Jakarta. Beside that the result of determination coefficient test is 0,2960. This mean that the Self Efficacy can give 29,60% contribution to the result of Student Creativity of Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd ; 2). Dr. Saparuddin, SE, M.si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 14651 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 05:00 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 05:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31963 |
Actions (login required)
View Item |