Ayu Nava Adiningrum, . (2013) Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 22 Jakarta Timur. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2013. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Ayu.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 22 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di selama tiga bulan terhitung sejak April sampai dengan Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak proposional (proportional rondom sampling) dengan sampel sebanyak 65 responden. Data variabel X dan Y dalam penelitian ini merupakan data primer untuk variabel X (Adversity Quotient) dan data sekunder untuk variabel Y (Prestasi Belajar). Dalam penelitian ini variabel X diukur menggunakan skala Likert dan variabel Y diukur menggunakan nilai rata-rata raport kelas XI AP 1 dan 2 semester genap (empat) tahun ajaran 2012/2013. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ= 69.81 + 0.041X, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors diperoleh Lhitung (0,058) < Ltabel (0,110) hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinieran regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANOVA) 7. Perhitungan uji kelinieran regresi disimpulkan bahwa model persamaan regresi adalah berarti, yaitu Fhitung > Ftabel, yaitu 22,66 > 4,00 dan juga linier yaitu; Fhitung < Ftabel. yaitu 1,78 < 1,96. Uji hipotesis koefisien korelasi hubungan antara variabel X dan variabel Y dilakukan dengan rumus Product Moment dari Pearson yang menghasilkan rxy sebesar 0,514; ini berarti hubungan antara kedua variabel tersebut kuat. Uji signifikasi dengan thitung sebesar 4,76 dan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient dengan prestasi belajar pada siswa SMKN 22 Jakarta Timur. Uji koefisien determinasi menghasilkan koefisien determinasi sebesar 0,2645. Maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 22 Jakarta Timur This purpose of this research is to determine the relationship between Adversity Quotient with Learning Achievement Of Student In SMKN 22 East Jakarta. The research was conducted for three months from April to June 2013. The method used was a survey method with the correlational approach. The sampling technique used is proportional random technique (rondom proportional sampling) with 65 respondents sampled. Data variables X and Y in this study is the primary data for the variables X (Adversity Quotient) and secondary data for the variable Y (Achievement). In this study, the X variable was measured using Likert scale and Y variable is measured by using the average value of report cards from class XI AP 1 and 2 semester (four) academic year 2012/2013. Techniques of data analysis in this study begins with the search for a simple regression equation and obtained the regression equation Y = 69.81 + 0.041X, while the analysis of the test requirements normality test on the estimated regression error above X with Y obtained Lcount Liliefors test (0.058) <Ltable (0.110). This means that the samples come from normally distributed population. Significance and linearity regression testing using Analysis of Variance table (ANOVA) 7. Test calculations concluded that the linearity regression equation regression models were significant, ie F count> Ftable, ie 22.66> 4.00 and the also linear; Fhitung <Ftable. ie 1.78 <1.96. The hypothesis is testing the correlation coefficient relationship between variables X and Y with the formula of Pearson Product Moment generating rxy of 0.514; This means the relationship between two variables is signifficant. Tcount with a significance of 4.76 and 1.67 ttable. Because tcount> tteble, it can be concluded that there is a significant relationship between Adversity Quotient with learning on student achievement SMK 22 East Jakarta. The determination coefficient test result was 0,2645. It can be concluded that there is a positive and significant relationship between Adversity Quotient with Student Achievement In SMKN 22 East Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nuryetty Zain, MM ; 2). Maisaroh, M.Si, |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 14651 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 05:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 05:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31972 |
Actions (login required)
View Item |