INTAN PURNAMA SARI, . (2013) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JAKARTA KOJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
INTAN PURNAMA SARI.pdf Download (639kB) |
Abstract
Pajak merupakan aspek yang penting bagi negara, karena merupakan sumber penerimaan terbesar. Namun adanya fenomena kasus perpajakannya yang terjadi di Indonesia membuat masyarakat dan wajib pajak merasa kurang puas sehingga mengurangi kepatuhan untuk membayar pajak. Masalah ketidakpuasan tersebut akan menjadi hambatan untuk memaksimalkan penerimaan negara. Penelitian ini mengulas tingkat kepuasan wajib pajak pada KPP Pratama Jakarta Koja dengan menggunakan variabel bebas seperti kompetensi pegawai pajak dan kualitas pelayanan pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kompetensi pegawai pajak dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepuasan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini dilakukan dengan metode simple random sampling dengan sampel sebanyak 100 responden dari wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Jakarta Koja. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat melalui kuisioner yang berisi jawaban-jawaban responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 74,2 % variabel X1 dan X2 mempengaruhi Y. X1 memiliki nilai t hitung sebesar 6,590 pada tingkat signifikan 0,000 dan t tabel 1,984. Jadi t hitung > t tabel, bahwa kompetensi pegawai pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Pada X2 memiliki t hitung sebesar 7,193 pada tingkat signifikan 0,000 dan t tabel 1,984. Jadi t hitung > t tabel, bahwa kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Uji simultan yang dilakukan memiliki hasil sebesar 139,238 dan signifikansi sebesar 0,000 dengan demikian terdapat pengaruh simultan antara kompetensi pegawai pajak dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepuasan wajib pajak. ***** Tax is an important aspect for the country, because it is the biggest source of revenue. However, the phenomenon of tax cases that occurred in Indonesia make people and taxpayers feel less satisfied thus reducing compliance to pay taxes. The dissatisfaction problem will be a drag to maximize revenue. This research review on the level of taxpayer satisfaction KPP Pratama Jakarta Koja using independent variables such as employee competence and quality of tax services tax. The purpose of this study was to examine the effect of employee competence and quality of service tax levied on an individual taxpayer satisfaction. This study was conducted using simple random sampling with a sample of 100 respondents from individual taxpayers in KPP Pratama Jakarta Koja. The data used are primary data obtained through questionnaires containing respondent's answers. Analysis of the data used is multiple regression analysis. Descriptive analysis shows the value of the coefficient of determination (R2) of 74.2% variable X1 and X2 affect Y. X1 has a t value of 6.590 at the significant level of 0.000 and 1.984 t table. So t count> t table, that employee competency tax positive and significant impact on taxpayer satisfaction. On the X2 has a count of 7,193 t at a significant level of 0.000 and 1.984 t table. So t count> t table, that the quality of tax services and a significant positive effect on taxpayer satisfaction. Simultaneous test conducted has a yield of 139.238 and significance of 0.000 thus there is a simultaneous effect between employee competence and quality of service tax levied on taxpayer satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Indra Pahala, SE, M. Si ; 2). Nuramalia Hasanah, SE, M. Ak |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pajak dan Perpajakan |
Divisions: | FE > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Users 14651 not found. |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:44 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32136 |
Actions (login required)
View Item |