DAMPAK DIBANGUNNYA JALAN TOL JAKARTA OUTER RING ROAD WEST 1 (JORR W1) TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN PENDUDUK.

SENTANU WIBOWO, . (2013) DAMPAK DIBANGUNNYA JALAN TOL JAKARTA OUTER RING ROAD WEST 1 (JORR W1) TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN PENDUDUK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (413kB)
[img] Text
LAMPIRAN 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan penduduk dari sebelum pembangunan jalan tol dan sesudah pembangunan jalan tol. Penelitian mengenai dampak pembangunan Jalan Tol JORR W1 terhadap tingkat kesejahteraan penduduk sekitar yang dilakukan di empat kelurahan yang telah ditetapkan, yaitu : Kelurahan Duri Kosambi, Rawa Buaya, Cengkareng Barat, Cengkareng Timur. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 28 Februari 2013 – 30 Maret 2013 di empat kelurahan yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden dari populasi sebanyak 128.374 kepala keluarga. Menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase jawaban responden yang kemudian diwujudkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Indikator kesejahteraan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menurut BKKBN yang terdiri dari kebutuhan dasar, kebutuhan sosial psikologis, kebutuhan perkembangan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Berdasarkan kategori tersebut kemudian dikategorikan menjadi Keluarga Pra Sejahtera, Keluarga Sejahtera I, Keluarga Sejahtera II, Keluarga Sejahtera III, Keluarga Sejahtera Tahap III plus. Hasil analisis menunjukan perubahan yang terjadi pada setiap zona yang ada, tidak lepas dari tingkatan kesejahteraan responden yang didominasi pada tingkat Keluarga Sejahtera II dan Keluarga Sejahtera III. Peningkatan kesejahteraan terjadi di wilayah Duri Kosambi yaitu Zona II dan III, untuk wilayah Rawa Buaya terjadi kenaikan pada Zona II, untuk wilayah Cengkareng Barat terjadi kenaikan pada Zona I, II, dan III, untuk wilayah Cengkareng Timur terjadi kenaikan pada Zona III. Kenaikan kesejahteraan yang terjadi dikarenakan pendapatan yang tidak terpengaruh oleh dampak keberadaan jalan tol, tapi justru terbantu oleh pembangunan jalan tol dalam kegiatan sehari-harinya, dan penggunaan waktu yang lebih efektif bagi penduduk sekitar karena pembangunan jalan tol yang meningkatkan aksesibilitas antara daerah sekitar jalan tol dengan daerah lain bukan sekitar jalan tol. Terjadi juga penurunan pada wilayah Duri Kosambi pada Zona I, untuk wilayah Cengkareng Barat pada Zona II, dan untuk wilayah Cengkareng Timur pada Zona I. Penurunan kesejahteraan yang terjadi dikarenakan penurunan pendapatan, yang disebabkan karena sebagian penduduk yang bekerja di sekitar jalan tol dan mengurangi efektifitas waktu yang diakibatkan oleh penurunan tingkat aksesibilitas di daerah sekitar jalan tol. ***** This research aims to determine the level of welfare of the population before and after the construction of the toll road. Research on the impact of the construction of JORR W1 highway to the welfare of local people by using descriptive methods conducted in four villages that have been established, namely: Village Duri Kosambi, Rawa Buaya, Cengkareng Barat, and Cengkareng Timur. Data collection was conducted on February 28, 2013 - 30th March 2013 in the four villages that have been defined. This research used descriptive survey approach. The sample in this research amounted to 96 respondents from a population of 128 374 households. Using descriptive analysis techniques with the percentage of respondents’ answer then realized in a frequency distribution table. Welfare indicators used in this study is according from BKKBN consisting of basic needs, socio-psychological needs, developmental needs and self-actualization needs. Based on these categories are then categorized into Keluarga Pra Sejahtera, Keluarga Sejahtera I, Keluarga Sejahtera II, Keluarga Sejahtera III, Keluarga Sejahtera III plus. Results of the analysis showed that changes occur in any existing zone, can not be separated from the welfare level of the respondents who dominated at the level of Keluarga Sejahtera II dan Keluarga Sejahtera III. Walfare improvement occurred in the area of Duri Kosambi is in Zone II and III, to an increase in Rawa Buaya area in Zone II, for Cengkareng Barat area gains in Zone I, II, and III, for Cengkareng Timur area there was an increase in Zone III. The increase in welfare that occurs income is not affected by the impact of presence of JORR W1 highway, but it was helped by the construction of toll roads in their daily activities, and a more effective use of time for residents around the highway due to highway construction that improves the accessibility of the area around the JORR W1 highway with other areas not around the JORR W1 highway. Decrease also occurred in the area Duri Kosambi in Zone I, for Cengkareng Barat area in Zone II, and to the Cengkareng Timur area in Zone I. Decline in welfare that occurs due to a decline in income, which caused some people working around the highway and reduce the effectiveness of time caused by the decrease in the level of accessibility in the area around the highway.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rudi Iskandar, M.Si. ; 2). Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:12
Last Modified: 05 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32346

Actions (login required)

View Item View Item