Kesalahan Penggunaan Adverbial Accusative of Specification (Al-Tamyiz) Dalam Keterampilan Menulis Terbimbing Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta

Latifah Anggraeni, . (2016) Kesalahan Penggunaan Adverbial Accusative of Specification (Al-Tamyiz) Dalam Keterampilan Menulis Terbimbing Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data empiris mengenai jenis dan bentuk kesalahan dalam penggunaan adverbial accusative of specification (altamyiz) dan frekeuensi kesalahan serta penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini mulai dilaksanakan pada bulan Februari 2016 sampai bulan Juni 2016. Data berupa tes karangan terbimbing dengan jumlah 25 butir soal dan sampel 30 orang mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis terhadap kesalahan tersebut dari 930 jawaban terdapat 475 kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa yang terdiri dari: 1) Kesalahan pada penggunaan al-tamyiz malfuzh sebanyak 280 (59%), 2) Kesalahan pada penggunaan al-tamyiz malhuzh sebanyak 195 (41%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum belum memahami setiap konsep-konsep kaidah bahasa target dengan baik dan belum menguasai penggunaan adverbial accusative of specification (al-tamyiz). Hal itu dapat dilihat dari presentase kesalahan mahasiswa dengan hasil rata-rata. Kesalahan kompetensi yang terjadi dalam penggunaan al-tamyiz sebanyak 28 jawaban (90%) dari 31 jawaban, sedangkan kesalahan penggunaan dalam penggunaan al-tamyiz sebanyak 3 jawaban (10%) dari 31 jawaban. Adapun faktor penyebab kesalahan tersebut adalah sebagai berikut: 1. Kurangnya pemahaman dalam penggunaan bahasa target 2. Overgeneralisasi dalam penggunaan tamyiz al-‘adad 3. Kurangnya penguasaan kaidah kebahasaan dan batasan-batasannya khususnya pada materi al-tamyiz 4. Kurangnya pengaplikasian dalam kaidah kebahasaan khususnya pada materi al-tamyiz 5. Kurangnya ketelitian dalam menjawab soal 6. Kurangnya penguasaaan kosa kata yang menyebabkan tidak memahami maksud dari soal tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Jan 2020 12:28
Last Modified: 30 Jan 2020 12:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item