IGAT MELIANA, . (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KWARTET PADA KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA GAIRAIGO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 5.pdf Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (324kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (128kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (71kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (31kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
skrip COVER.pdf Download (39kB) |
Abstract
Media pembelajaran kartu kwartet ini adalah kartu permainan yang tersusun atas gambar dan kosakata yang berwarna-warni, yang digunakan sebagai alat bantu pengajaran yang merupakan bagian dari seluruh pembelajaran. Pada media pembelajaran kartu kwartet ini seluruh siswa dapat memegang media tersebut sehingga tidak membatasi daya pandang siswa dibandingkan ketika hanya menggunakan media gambar saja. Warna-warni pada tulisan gairaigo juga dapat menarik minat siswa agar dapat menghafal kosakata gairaigo. Selain desain kartu yang menarik, permainan pun dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar kosakata gairaigo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran Kartu Kwartet pada kemampuan mengingat kosakata gairaigo, dan (2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Kartu Kwartet pada kemampuan mengingat kosakata gairaigo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif true experimental design, dengan sampel yaitu mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta angkatan 2011/2012 kelas regular, yang dibagi menjadi kelas kontrol dan eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Tes berupa postes yang dilakukan sebanyak empat kali, yaitu tes tertulis. Setelah dirata-ratakan diperoleh nilai rata-rata tes kelas eksperimen sebesar 87 dan nilai rata-rata tes kelas kontrol sebesar 66. Setelah dilakukan Uji-t diketahui nilai lebih besar daripada nilai (2,56 > 2,04), dengan demikian Ho ditolak dan Hk diterima sehingga diketahui bahwa terdapat efektivitas penggunaan media pembelajaran Kartu Kwartet pada kemampuan mengingat kosakata gairaigo. Berdasarkan pengolahan data angket, diketahui bahwa siswa kelas eksperimen menganggap media pembelajaran kartu kwartet dapat meningkatkan penghafalan kosakata gairaigo dengan cara yang menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu kwartet efektif, yakni dapat meningkatkan nilai hasil belajar kosakata gairaigo siswa dan dapat menarik minat dan perhatian siswa terhadap pembelajaran serta membiasakan siswa belajar aktif di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd ; 2). Tia Ristiawati, M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 02:33 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 02:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32614 |
Actions (login required)
View Item |