ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA TUNJUK DEMONSTRATIVA PADA MAHASISWA SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2009/2010 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA JAKARTA

RISA WIJAYANTI, . (2012) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA TUNJUK DEMONSTRATIVA PADA MAHASISWA SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2009/2010 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
lampiran Validitas Instrumen.pdf

Download (76kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
skripsi bab 1-5.pdf

Download (741kB)
[img] Text
resume B.pdf

Download (140kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (34kB)

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Jepang, pembelajar dihadapkan pada berbagai kesulitan, baik dalam kosakata, sistem pengucapan, gramatika dan ragam bahasa, maupun huruf dan struktur kalimat yang berbeda. Selain itu, pembelajar juga mengalami kesulitan dalam menggunakan kata tunjuk demonstrativa (shiji daimeishi). Penelitian yang berjudul Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Tunjuk Demonstrativa pada Mahasiswa Semester 2 Tahun Ajaran 2009/2010 Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan penggunaan shiji daimeishi oleh mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2009/2010 Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta, dan faktor penyebab serta solusi untuk mengurangi kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data diambil dari hasil tes dan angket mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2009/2010 jurusan bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket dengan satu kali pengambilan (one shoot model). Dari hasil analisis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kesalahan penggunaan shiji daimeishi oleh mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2009/2010 jurusan bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta sebesar 53,6% yang termasuk ke dalam kategori tingkat kesalahan sedang. (2) Faktor yang berpotensi mempengaruhi terjadinya kesalahan penggunaan shiji daimeishi terdiri dari faktor internal dan faktor external. Faktor internal seperti cara belajar dan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan shiji daimeishi. Faktor external seperti cara pengajaran dari dosen, dan kurangnya latihan mengenai shiji daimeishi. (3) Solusi dari mahasiswa untuk mengurangi kesalahan penggunaan shiji daimeishi adalah mahasiswa harus sering mempraktikkannya dalam kalimat atau percakapan bahasa Jepang dan agar pengajar memberikan latihan mengenai shiji daimeishi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. H. Sudjianto, M.Hum. ; 2). Dwi Astuti Retno Lestari, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:00
Last Modified: 22 Aug 2022 05:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32926

Actions (login required)

View Item View Item