PENGALAMAN AKTIVITAS LUAR KELAS (OUTDOOR ACTIVITY) DALAM MENDORONG KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL WELLBEING) PADA ANAK

DANANG RAHMANSYAH, . (2022) PENGALAMAN AKTIVITAS LUAR KELAS (OUTDOOR ACTIVITY) DALAM MENDORONG KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL WELLBEING) PADA ANAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sejauh mana pengaruh kegiatan aktivitas luar kelas terhadap peningkatan kesejahteraan psikologis pada anak. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen untuk mendapatkan data berupa sikap dan perilaku anak yang sesuai dengan berlandaskan teori psychological wellbeing, yaitu penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan dalam hidup dan perkembangan pribadi. Pelaksanaan penelitian ini dengan menerapkan sebuah kegiatan aktivitas luar kelas berupa permainan untuk anak usia sekolah dasar, dimana permainan yang diberikan berjumlah 15 permainan yang disesuaikan dengan indikator yang akan diteliti, selain itu juga dilakukan observasi dan wawancara dengan anak, kepala sekolah serta guru pendamping sebagai bentuk pengumpulan data untuk analisa penelitian yang lebih lengkap dan sesuai. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa aktivitas luar kelas khususnya yang berupa permainan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan psikologis pada seorang anak. Hal tersebut terjadi karena munculnya interaksi sosial yang cukup banyak dalam permainan yang dilakukan sehingga bisa menstimulasi kesejahteraan psikologis anak menjadi lebih baik. ***** This study aims to review the extent of the influence of outdoor class activities on improving psychological well-being in children. This research was conducted by an experimental method to obtain data in the form of children's attitudes and behaviors that are in accordance with the psychological wellbeing theory, namely self-acceptance, positive relationships with others, autonomy, mastery of the environment, goals in life and personal development. The implementation of this study was by implementing a outdoor class activities in the form of games for elementary school age children, where the games given were 15 games that were adjusted to the indicators to be studied, in addition to observations and interviews with children, principals and accompanying teachers as a form of data collection for a more complete and appropriate research analysis. The results of the research obtained show that activities outside the classroom, especially in the form of games, greatly affect the level of psychological well-being for a child. This happens because of the emergence of quite a lot of social interaction in the games carried out so that it can stimulate the better psychological well-being of children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hartman Nugraha, M.Pd. ; 2). Dr. Hernawan, S.E., M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 14987 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:10
Last Modified: 22 Aug 2022 04:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32929

Actions (login required)

View Item View Item