PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK AL MUSLIM

DIMAS BAGUS PRABOWO, . (2015) PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK AL MUSLIM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dimas Bagus Prabowo - 5235107389 Komprehensif_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi antara peserta didik dengan bahan ajar dalam suatu lingkungan yang dikelola dengan sengaja agar tercapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Selain itu, jika para pendidik memiliki kemampuan dan kesiapan dalam menyampaikan materi maka peserta didik akan mudah menerima materi yang disampaikan oleh pendidik tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa metode dan bahan ajar seorang pendidik berkaitan dengan hasil kemampuan peserta didik. Bahan ajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu alternatif untuk membuat bahan ajar yang mudah dan menarik, khususnya untuk mata pelajaran Pemrograman Web dengan menggunakan Slide Master pada Microsoft PowerPoint. Slide Master yang bertujuan untuk membantu dalam membuat presentasi yang lebih menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini mengungkapkan pengaruh bahan ajar berbasis TIK dan bahan ajar konvensional terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil belajar Pemrograman Web peserta didik yang digunakan dengan bahan ajar berbasis TIK lebih tinggi daripada hasil belajar Pemrograman Web peserta didik yang diajarkan dengan bahan ajar konvensional, hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai hitung tabel t  2,54  t pada taraf signifikansi 5% dari jumlah responden 32-1= 32. Untuk meningkatkan hasil belajar Pemrograman Web peserta didik, hendaknya pendidik dapat memilih media yang tepat dalam menyapaikan materi. Agar peserta didik dapat mengerti, memahami, dan menguasai materi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prasetyo Wibowo Yunanto, ST, M. Eng; 2). M. Ficky Duskarnaen, M. Sc
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:14
Last Modified: 23 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32978

Actions (login required)

View Item View Item