PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INGGRIS (Penelitian Ekperimen di Sebuah Politeknik Negeri)

ISKANDAR ROSYIDIN, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INGGRIS (Penelitian Ekperimen di Sebuah Politeknik Negeri). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (450kB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
3. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
7. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (berbasis masalah dan berbasis tugas) dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan memahami teks Bahasa Inggris mahasiswa sebuah Politeknik. Metodologi yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 2 x 2 dan dianalisis menggunakan ANOVA dua jalur pada signifikansi 0,05. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing terdiri atas 22 mahasiswa yang dipilih secara acak dari populasi yang ada. Pada kelompok eksperimen digunakan model pembelajarn berbasis masalah (PBL) dan pada kelompok kontrol digunakan model pembelajaran berbasis tugas (TBL). Data tentang kemampuan memahami teks diperoleh dari tes pemahaman bacaan bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar pemahaman bacaan bahasa Inggris antara mahasiswa yang diberi perlakuan model PBL lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diberi perlakuan TBL. (2) Hasil belajar pemahaman bacaan bahasa Inggris antara mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, dan (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman bacaan bahasa Inggris mahasiswa. Sebagai kesimpulan adalah model pembelajaran PBL dengan kemampuan berpikir kritis lebih efektif membantu mahasiswa dalam pemahaman teks bahasa Inggris dibandingkan dengan mahasiswa yang diberkan Tindakan model pembelajaran TBL. Sebagai luaran dari disertasi ini, peneliti telah menhasilkan: 1) sebuah artikel pada jurnal ERJEE yang terindeks Sinta 2/DOAJ, 2) prosiding dari seminar internasional ICComSET 4 yang terindeks scopus, 3) buku ber ISBN, dan 4) sertifikat pencatatan penciptaan. *****This research was aimed at finding out the influence of learning model (problem based and task based) and critical thinking ability towards students‟ English text comprehension ability in a polytechnic. The methodology being used was experimental design method with treatment by level 2 x 2 and the data were analyzed by using two-way ANOVA with the level of significance of 0.05. Experimental group and control group each consist of randomly chosen students from the existing population. Experimental group was presented with problembased learning model (PBL) and control group dealt with task-based learning model. The data of text comprehension ability were taken from English text comprehension test. The results of this research showed that (1) Students‟ learning outcome of English text comprehension treated using PBL model is higher than those treated using TBL. (2) Students‟ learning outcome of English text comprehension with high critical thinking is higher than those with low critical thinking, and (3) There was an interaction between learning model and critical thinking ability with students‟ English reading comprehension. The conclusion was that PBL learning model with critical thinking ability helped students more effectively in comprehending English reading texts compared to TBL learning model given to students as a treatment. The researcher, then, produced several outcomes from the dissertasion as follow: 1) an article in ERJEE journal for Sinta 2/DOAJ index, 2) a proceeding from ICComSET 4 international seminar for scopus, 3) an ISBN book, and 4) Haki.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Nuruddin, M.A ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 15027 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:07
Last Modified: 28 Oct 2022 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33198

Actions (login required)

View Item View Item