PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU FLASH CARD PADA SISWA MTS RAUDLATUL FALAH

MUTIA BALQIS, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU FLASH CARD PADA SISWA MTS RAUDLATUL FALAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mutia Balqis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Raudlatul Falah pada bulan Maret 2016 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatul Falah. Pengukuran hasil belajar dilaksanakan di akhir siklus dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan yang sesuai dengan materi pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif jenis penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, tindakan yang diberikan berupa penggunaan media belajar kartu Flash Card dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. langkah – langkah yang dilaksanakan dalam penelitian ini sesuai dengan pendapat model Kemmis dan Mc Teggart adalah sebagai berikut : (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: siklus I nilai rata-rata peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas 8 MTs Raudlatul Falah adalah 71,83. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas 8 MTs Raudlatul Falah menigkat menjadi 77. Implikasi hasil penelitian menggunakan media pembelajaran kartu Flash Card yang diterapkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siklus I mencapai rata-rata nilai 71,83. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan karena masih banyak siswa yang belum mencapai nilai standard karena penerapan media yang belum maksimal dan belum efektif penerapannya dalam kelas. Dan pada siklus II peneliti melaksanakan proeses pembelajaran bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I, namun yang membedakan adalah peneliti memperbaiki langkah – langkah dalam menggunakan media pembelajaran Flashcard, sehingga siswa tidak kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran Kartu Flash card ini menjadikan siswa mampu meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada bab “Al- Mihnatu” dan bab “Al-la’ibun Ar-riyadhiyyun”. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 77 atau dengan indikator pencapaian yang berhasil diraih 22 siswa mencapai hasil ujian dengan KKM 68 sehingga 91,2% dari jumlah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siswa MTs Raudlatul Falah. Berdasarkan hasil penelitiaan diketahui bahwa media pembelajaran kartu Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa MTs Raudlatul Falah. Dengan demikian media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran bahasa Arab agar siswa lebih senang dan lebih mudah dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Chakam Failasuf M.Pd. ; 2). Muhammad Kamal M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 11:11
Last Modified: 05 Feb 2020 11:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item