PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDSQUARE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWI KELAS 7 YAPINK TAMBUN BEKASI

Nabilah Fildzah, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDSQUARE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWI KELAS 7 YAPINK TAMBUN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nabilah Fildzah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTsYAPINK Tambun Bekasi, pada tahun ajaran 2015-2016, yang dimulai dari bulan April 2016 sampai dengan bulan Mei 2016 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ”Penggunaan Media Pembelajaran “Word Square” terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab siswi kelas 7 MTs YAPINK Tambun Bekasi”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswi MTs YAPINK Tambun Bekasi dan Sampelnya adalah Siswi kelas VII sebanyak 70 siswi terdiri dari 35 orang untuk kelas eksperimen dan 35 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0.05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Sebelum uji-t terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji Normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo = 0,136 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo= 0,114 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,886 (n = 35, taraf signifikan 5%) dan pada kelas Kontrol diperoleh 0,886 (n = 35, taraf signifikan 5%) karena kedua (Lhitung) Lo< Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi Normal. Selain itu juga dilakukan pengujian Homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan Homogenitas menyatakan bahwa X2 hitung< X2 tabel atau 2,183 < 3,841 artinya kedua data tersebut Homogen. Pada uji Hipotesis, didapatkan thitung = 8,88. Dengan dk 68 dan ttabel1,67 dengan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian thitung= 8,88 > ttabel=1,67 jadi H1 Diterima. Maka, terdapat pengaruh positif pada media pembelajaran ”WordSquare” terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab siswi kelas 7 MTs YAPINK Tambun Bekasi. Penelitian ini menunjukan bahwa siswi yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran WordSquare lebih meningkat penguasaan kosakata Bahasa Arabnya dibandingkan dengan siswi yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran WordSquare. Siswi juga lebih menyukai apabila belajar dengan menggunakan media pembelajaran WordSquare, karena media ini dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab mereka. Guru disarankan menggunakan dan membuat media pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran kosakata bahasa Arab.Dan dalam penggunaan media Word Squareterdapat kelebihan dan kekurangan, diantara kelebihan metode tersebut adalah memotivasi siswi untuk memahami materi pembelajaran, melatih mereka untuk berlatih dengan berfikir cerdas dan memperbaharui cara berfikir efektif. Dan kelemahan dari media tersebut adalah tidak adanya kreatifitas siswi-siswi dengan disediakannya materi, serta tidak berkembangnya kemampuan siswi terhadap materi pembelajaran sesuai kemampuan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Romdani M.Pd. ; 2). Drs. Chakam Failasuf M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 11:56
Last Modified: 05 Feb 2020 11:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3326

Actions (login required)

View Item View Item