PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAI AL-AZHAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA

NOVITA SARI, . (2016) PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAI AL-AZHAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan diSMA Islam Al-Azhar Kelapa GadingJakarta Utara pada tahun pelajaran 2016-2017,yang dimulai dari bulan maret 2016 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media power point terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu.Populasinya adalah siswa kelas XISMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utaradan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 44 siswa, yaitukelas XI IPA 2 sebagaikelaseksperimenterdiridari 22 siswadankelas XI IPA 1 sebagaikelaskontrolpun terdiri dari 22 siswa.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sample random sampling. Instrumen digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikan=0,05.Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi=0,05.Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh (Lhitung) L o 0,108 dan pada kelas kontrol diperoleh (Lhitung) 0,172.Sedangkan Ltabel pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,189 dengan taraf signifikansi 0,05 karena kedua kelas memperoleh (Lhitung)<Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal.Selain itu juga dilakukan penghitungan homogenitas denganmenggunakanuji Bartlett yang menyatakan bahwa  2 hitung 0,73< 2 tabel2,09 artinya kedua data tersebut homogen.Pada uji hipotesis,didapatkan thitung7,680 dengan derajat kebebasan (dk) 42 dan ttabel 2,02 dengan taraf signifikan 0,05.Dengan demikian thitung 7,680> ttabel 2,02 maka Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media power pointterhadaphasilbelajarbahasa Arab siswaSMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajarkan dengan menggunakan media power point lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media.Siswa juga lebih menyukai belajar dengan menggunakan media power point,karena media ini dapat meningkatkan hasilbelajarbahasa Arab mereka.Olehkarenaitu, Gurudisarankanuntuk menggunakan dan membuat media pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalampembelajaranbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2020 12:07
Last Modified: 06 Feb 2020 12:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3359

Actions (login required)

View Item View Item