STUDI PENGELOLAAN AIR BERSIH DI KAWASAN INDUSTRI JABABEKA KABUPATEN BEKASI

FAERUZY ARNANDI, . (2011) STUDI PENGELOLAAN AIR BERSIH DI KAWASAN INDUSTRI JABABEKA KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1_COVER_REVISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
3a_ABSTRAK_revisi_Inggris.pdf

Download (32kB)
[img] Text
10_BAB I_REVISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
11_BAB II_revisi.pdf

Download (211kB)
[img] Text
15_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] Text
3_ABSTRAK_revisi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
4_KATA PENGANTAR_revisi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
12_BAB III_revisi.pdf

Download (160kB)
[img] Text
13_BAB IV_revisi.pdf

Download (736kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan air bersih yang ideal untuk memenuhi kepuasan pelanggan (industri dan perumahan) dikawasan industri Jababeka. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Industri Jababeka pada WTP I dan WTP II mulai dari bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2011. Dalam penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif, dengan populasi adalah seluruh pelanggan air bersih (industri dan perumahan) di Kawasan Industri Jababeka. Sedangkan jumlah sampel adalah 10 pelanggan industri dan 33 pelanggan perumahan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah kuisioner, wawancara dan observasi untuk menjaring data mengenai kualitas dan kuantitas air bersih di WTP dan pendapat pelanggan mengenai air bersih di Kawasan Industri Jababeka. Parameter pokok yang diukur adalah tingkat pH dan Kekeruhan/turbidity yang terdapat di tempat pengolahan dan pipa distribusi di WTP. Penyebaran kuesioner perumahan dilakukan perzona pelanggan untuk melihat tingkat pemakaian air bersih pelanggan. Penyebaran kuesioner industri dilakukan di Wilayah Kawasan Industri Jababeka (KIJ) I. Pengamatan kualitas dan kuantitas air bersih di WTP dilakukan selama 8 hari dengan waktu pengamatan mulai dari 08.30 – 14.30 WIB. Hasil penelitian didapat bahwa terdapat kekurangan jika dibandingkan dengan standar kualitas air bersih yang telah ditetapkan di Kawasan Industri Jababeka dengan kenyataan yang sebenarnya. Karena dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa dari segi kualitas, presentase pelanggan perumahan menyatakan kualitas air yang dihasilkan sudah bagus. Namun, untuk pemenuhan air bersih kawasan pelanggan industri, berdasarkan presentase menunjukkan bahwa kualitas air masih belum memenuhi kebutuhan dan kepuasaan pelanggan. Sementara dari segi kuantitas, pemenuhan air bersih untuk kawasan pelanggan perumahan masih belum memenuhi kepuasaan pelanggan, debit air yang dihasilkan masih harus ditingkatkan. Namun, untuk pemenuhan kuantitas air bersih di kawasan industri sudah memenuhi kepuasaan pelanggan karena hasil survey dan identifikasi pengelolaan menunjukkan kuantitas air bersih tergolong bagus. Setelah dilakukan identifikasi tempat pengelolaan, hasil perbandingan frekuensi menunjukkan, untuk instalasi pengolahan air tidak terjadi penurunan kualitas (kekeruhan dan peningkatan pH) dan kuantitas (volume dan debit air). Penurunan terjadi pada bagian pipa distibusi, baik kualitas dan kuantitas. Untuk meminimalisir penurunan tersebut, perlu dilakukan pengawasan yang ketat pada saat melakukan flushing. ***** This study aims to determine how the management of clean water are ideal to meet the satisfaction of customers (industrial and residential) area of Jababeka industry. The research was conducted in Jababeka Industrial Estate on WTP (Water Treatment Plant I and II from May to July 2011. In this study using qualitative descriptive methods, the population is all clean water customers (industrial and residential) in the Industrial Area Jababeka Year. While the number of samples is 10 industrial customers and 33 residential customers with a sampling technique using a simple random sampling. Instruments were used questionnaires, interviews and observations to capture data about the quality and quantity of water at the WTP and the opinion of customers about clean water in the Jababeka Industrial Estate. Main parameters measured were pH levels and turbidity contained in the processing and distribution pipelines in the WTP. The spread of housing questionnaire conducted per zone customers to see the level of water usage customers. The spread of industry questionnaires conducted in the Region Jababeka Industrial Estate (KIJ) I. Observation of the quality and quantity of clean water at the WTP conducted for 8 days with the observation time ranging from 8:30 to 14:30 pm. The study found that there is a deficiency when compared with water quality standards established in the Jababeka Industrial Estate with the actual reality. Because of research, concluded that in terms of quality, the percentage of residential customers stating that the resulting water quality is good. However, to meet clean water area of industrial customers, based on the percentage of shows that water quality is still not meeting the needs and customer satisfaction. While in terms of quantity, compliance with clean water to the area residential customers still do not meet customer satisfaction, discharge water produced remains to be improved. However, for the fulfillment of the quantity of water in the industrial area was due to meet customer satisfaction survey results and identification of management showed quite a good quantity of clean water. After identification of the management, the frequency comparison results show, for the installation of water treatment does not decrease the quality (increased turbidity and pH) and quantity (volume and discharge of water). The decline occurred in the pipe distribution, both the quality and quantity. To minimize the decline, need to be watchful eye on the time of flushing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Henita Rahmayanti, M. Si ; 2). Dr. Gina Bachtiar, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:57
Last Modified: 29 Aug 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33740

Actions (login required)

View Item View Item