PENINGKATAN KEMAHIRAN MEMBACA DAN MENULIS MENGGUNAKAN METODE CIRC PADA KELAS XI DI SMAIT ALIA TANGERANG

NURUL ROPIQOH, . (2016) PENINGKATAN KEMAHIRAN MEMBACA DAN MENULIS MENGGUNAKAN METODE CIRC PADA KELAS XI DI SMAIT ALIA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NURUL 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMAIT ALIA Tangerang pada bulan Januari – Maret 2016 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemahiran membaca dan menulis dalam Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAIT ALIA Tangerang. Pengukuran hasil pemahaman materi yang diberikan dilaksanakan di akhir siklus dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan yang sesuai dengan materi pelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan disetiap siklusnya terdiri dari empat pertemuan. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: siklus I nilai rata-rata peningkatan penguasaan membaca dan menulis Bahasa Arab pada siswa kelas XI SMAIT ALIA Tangerang adalah 72,70. Pada siklus II nilai rata-rata peningkatan penguasaan membaca dan menulis Bahasa Arab pada siswa kelas XI SMAIT ALIA Tangerang adalah 92.29. Implikasi hasil penelitian menggunakan metode CIRC yang diterapkan dalam meningkatkan kemahiran membaca dan menulis bahasa Arab pada siklus I mencapai rata-rata nilai 72,70. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan namun masih banyak siswa yang belum mencapai nilai standard karena penerapan metode yang belum maksimal dan belum terbiasa menggunakan metode ini. Dan pada siklus II peneliti melaksanakan proeses pembelajaran membaca dan menulis Bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang membedakan adalah peneliti memberikan teknik pengajaran secara lebih bervariasi, sehingga siswa tidak merasakan kebosanan. Metode CIRC ini menjadikan siswa mampu meningkatkan kemahiran membaca dan menulis Bahasa Arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 92,29, atau dengan indikator pencapaian yang berhasil diraih, 22 siswa mencapai hasil ujian dengan KKM 75 sehingga 87,5% dari jumlah siswa yang mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kemahiran membaca dan menulis Bahasa Arab pada siswa SMAIT ALIA Tangerang. Berdasarkan hasil penelitiaan diketahui bahwa metode CIRC dapat meningkatkan penguasaan membaca dan menulis Bahasa Arab siswa SMAIT ALIA Tangerang. Dengan demikian metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa lebih senang dan lebih mudah dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Zuriyati M.Pd. ; 2). Dr. Nuruddin M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2020 10:33
Last Modified: 07 Feb 2020 10:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item