HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITATIF DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA MAHASISWA KONSENTRASI PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNJ

ANISYA DWI FAZRIANI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITATIF DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA MAHASISWA KONSENTRASI PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ANISYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara pola asuh otoritatif dengan perilaku asertif pada mahasiswa di Kosentrasi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar dan valid) dan dapat dipercaya (diandalkan, reliabel). Penelitian dilakukan di Kosentrasi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011, 2012 dan 2013 FE UNJ. Jumlah sampel dari setiap angkatan diambil secara proposional dengan menggunakan teknik acak sederhana. Variabel X pada penelitian ini diperoleh melalui angket yang telah di uji coba dan dinyatakan valid dengan hasil rtabel (0,361) < rhitung, dan reliabilitas (r11 = 0,891). Sedangkan Variabel Y pada penelitian ini diperoleh melalui angket yang telah di uji coba dan dinyatakan valid dengan hasil rtabel (0,361) < rhitung, dan reliabilitas (r11 = 0,854) Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 60,19 + 0,31X. Dari persamaan tersebut, dilakukan uji persamaan liliefors didapat Lhitung < Ltabel (0,0772 < 0,1016). Dengan begitu, maka dapat diketahui bahwa data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (1,13) < Ftabel = (1,72) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (6,83) > Ftabel (3,96) yang menandakan bahwa persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan Product Moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,60067. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pola asuh otoritatif dengan perilaku asertif pada mahasiswa di Kosentrasi Pendidikan Akuntansi FE UNJ. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 6,4613 > ttabel = 1,658 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu pola asuh otoritatif dengan variabel Y yaitu perilaku asertif. Dari hasil perhitungan diperoleh Koefisien Determinasi 36,08% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y perilaku asertif ditentukan oleh variabel X pola asuh otoritatif sebesar 36,08%. Saran pada penelitian ini adalah sebaiknya orang tua lebih besar memberikan kesempatan pada anak untuk mengungkapkan pendapatnya. Sehingga anak dapat berperilaku asertif. The aim of this study determines the extent to which the corelation between authoritative parenting with assertive behavior of students Accounting Education Consentration Faculty of Economics, University of Jakarta based on data or facts right (valid, true and valid) and trustworthy (dependable and reliable). The study was conducted in concentration in Accounting Education Force in 2011, 2012 and 2013 FE UNJ. The number of samples taken from each force proportionally by using simple random technique. Variable X in this study was obtained through a questionnaire that has been tested and declared valid by the results rtable (0,361) < rcount, and reliability (R11 = 0.891). While the Y variable in this study was obtained through a questionnaire that has been tested and declared invalid the results rtable (0,361) < rcount, and reliability (R11 = 0.854) Regression equation in this research is Ŷ = 60,19 + 0,31X. From this equations, equations test Liliefors obtained Lcount < Ltable (0,0772 < 0,1016). That way , it can be seen that the data are normally distributed. In the linearity test obtained regression of Fcount (1,13) < Ftable = ( 1.72 ) can be concluded that the form of linear regression models. As for the significance test obtained Fcount(6.83) > Ftable (3.96) which indicates that the mean regression equation. Test results using a correlation coefficient of Pearson Product Moment values obtained rxy = 0,60067. This means there is a positive relationship between authoritative parenting with assertive behavior in student concentration in Accounting Education force of 2011, 2012, and 2013 FE UNJ. From the t-test calculation obtained tcount = 6.4613> ttable = 1,658 which showed a significant relationship between the variables X authoritative parenting with variable Y is assertive behavior. From the calculation of the coefficient of determination obtained 36.08% so that it can be said that the assertive behavior variable Y is determined by the variable X authoritative parenting was 36.08%. Suggestions on this research is that a parent greater give children the opportunity to express their opinions. So that children can be have assertive behavior

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sri Zulaihati, M.Si. ; 2). Erika Takidah, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:17
Last Modified: 10 Feb 2020 10:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item