ATHIF MUWAFFAQ ZAIN, . (2022) PROTOTYPE SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM (LPJU) BERBASIS INTERNET OF THINGS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada saat ini penggunaan lampu jalan umum menggunakan lampu konvensional untuk penghematan energi. Namun karena banyaknya LPJU yang terpasang, maka lampu jalan umum akan menyala sepanjang malam dengan kecerahan maksimal sehingga masih menyebabkan pemborosan. Biasanya keadaan jalan pada tengah malam mulai jarang pengendara untuk melintasi jalan. Dalam melakukan pendataan kerusakan lampu jalan umum (tidak menyala), saat ini masih banyak petugas yang me-monitoring lampu jalan umum menggunakan sistem manual. Tujuan pembuatan Prototype Sistem Monitoring dan Controlling Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Berbasis Internet of Things ini, yaitu, merancang, membuat, dan merealisasikan sistem monitoring pada prototype LPJU dengan menggunakan sensor LDR, sensor tegangan, sensor arus, dan sensor GPS U-Blox NEO-6M dan menguji sistem untuk mendeteksi keadaan cuaca jika keadaan cuaca gelap, maka lampu akan menyala, dan sebaliknya, serta untuk medapatkan data nilai tegangan listrik, arus listrik, dan titik koordinat latitude dan longitude secara praktis dengan menggunakan Internet of Things. Penelitian ini pun menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa sensor LDR dapat bekerja saat mendeteksi keadaan cuaca yang gelap maka lampu akan menyala, dan sebaliknya. Tegangan listrik, arus listrik, dan titik koordinat latitude dan longitude dapat diukur menggunakan sensor tegangan, sensor arus, dan sensor GPS U-Blox NEO 6M. Data hasil monitoring tegangan listrik, arus listrik, dan titik koordinat latitude dan longitude dapat dilihat pada aplikasi Blynk di smartphone. Titik koordinat latitude dan longitude pada sensor GPS U-Blox NEO 6M memiliki perbedaan jarak pada keadaan aslinya sebesar 0,6 meter jika dibandingkan dengan Google Maps. Saat prototype LPJU rusak, notifikasi pada aplikasi Blynk di smartphone akan muncul dan memberitahu kepada pengguna bahwa prototype LPJU sedang rusak dan harus segera diperbaiki. Selain itu, para pengguna juga dapat mengatur kecerahan cahaya lampu pada malam hari agar daya listrik dapat lebih hemat. ********* At this time, the application of public street lights still uses conventional lights for energy savings. However, due to a large number of public street lighting (LPJU) installed, the lights will be lit all night with maximum brightness and this still causes waste. Usually, road conditions in the middle of night scarce motorists and other drivers. In the course of collecting data regarding damages to public street lights (not lit), there are still many operators who monitor public street lights using a manual system. The purpose of making a Monitoring and Controlling System for Public Street Lighting (LPJU) Based on the Internet of Things Prototype are namely; to design, manufacture, and realize a monitoring system using an LDR sensor, a voltage sensor, an electrical current sensor, and a U-Blox GPS NEO-6M sensor and to test the system to detect weather conditions. If the weather is dark, the lights will turn on, and vice versa; and to get data on the value of electric voltage, electric current, and latitude and longitude coordinates practically by using the Internet of Things. This research also uses the Research & Development (R&D) research method with the Borg & Gall development model. The results of our research show the LDR sensor can work so that when detecting dark weather conditions, the lights will turn on, and vice versa. Voltage, electric current, and latitude and longitude coordinates can be seen in the Blynk application on a smartphone. The latitude and longitude coodinates of the U-Blox NEO 6M GPS sensor have a distance difference of 0,6 meters in their original state when compared to Google Maps. When the LPJU prototype is damaged, a notification on the Blynk application on the smartphone will appear and notify the user that the LPJU prototype is damaged and must be repaired immediately. In addition, users can adjust the brightness of the lights at night so that electricity can be more efficient.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Pitoyo Yuliatmojo, M.T. ; 2). Drs. Jusuf Bintoro, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Users 15571 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 02:32 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 02:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34173 |
Actions (login required)
View Item |