PENERAPAN PROGRAM PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA DALAM PEMBELAJARAN MENARI PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB B SANTI RAMA

Tiara Nabila Alhumaira, . (2018) PENERAPAN PROGRAM PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA DALAM PEMBELAJARAN MENARI PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB B SANTI RAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Tiara Nabila Alhumaria (1335133652).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai penerapan program pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama (PKPBI) dalam pembelajaran menari siswa tunarungu di SDLB B Santi Rama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Spreadley dengan alur analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan bentuk aktifitas penerapan program PKPBI dalam pembelajaran menari, yakni deteksi bunyi, identifikasi bunyi, diskriminasi bunyi serta komprehensi bunyi. Adapun proses penerapan PKPBI dalam pembelajaran menari yaitu memanfaatkan pengembangan komunikasi dan pengembangan persepsi bunyi dan irama yang dimiliki siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukan bahwa untuk mengembangkan kemampuan pendengaran dalam PKPBI pada siswa tunarungu, dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan menari, dikarenakan dalam menari menggunakan musik, serta dalam materi PKPBI yang diajarkan dan diperoleh siswa mengenai bunyi-bunyian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Bahrudin, M.Pd 2) Dr. Murni Winarsih, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Feb 2020 11:12
Last Modified: 14 Nov 2022 01:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item