PENELITIAN KUALITATIF FENOMENA PENYESUAIAN DIRI SISWA KESULITAN BELAJAR (STUDI DESKRIPTIF: KELAS V SDN 24 KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR)

Tita Setiawati, . (2018) PENELITIAN KUALITATIF FENOMENA PENYESUAIAN DIRI SISWA KESULITAN BELAJAR (STUDI DESKRIPTIF: KELAS V SDN 24 KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PENELITIAN KUALITATIF.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyesuaian diri serta melihat aspek-aspek yang berpengaruh terhadap siswa kesulitan belajar kelas V SD. Subjek penelitian ini terdiri dari dua subjek yaitu siswa kelas V SDN 24 Kramatjati. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukan proses penyesuaian diri yang sering tampak adalah proses perhatian yang merupakan tahap awal proses penyesuaian diri. Peran guru sangat penting meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan penyesuaian diri pada tahap selanjutnya. Aspek penyesuaian diri yang sering dilakukan oleh siswa adalah kematangan sosial, menunjukan siswa yang bersosialisasi dengan teman sebaya. Oleh sebab itu, perlunya perhatian yang lebih dari guru serta pembuatan susunan program pembelajaran mandiri yang sistematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Evita Adnan, M.Psi 2) Dr. Otib Satibi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Feb 2020 11:30
Last Modified: 10 Feb 2020 11:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item View Item