HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN DISIPLIN DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X DI SMK NEGERI 50 JAKARTA

ASTRINI AGUSTIN, . (2014) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN DISIPLIN DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X DI SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang Hubungan Antara Motivasi dan Disiplin dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 50 Jakarta Mata Pelajaran Akuntansi. Penelitian ini menggunakan Metode Survey dengan pendekatan kuantitatif karena pada penelitian ini data-data yang akan diambil berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 50 Jakarta dengan populasi seluruhnya berjumlah 676 orang. Adapun populasi terjangkaunya yang peneliti tentukan adalah berjumlah 70 siswa. Terdiri dari siswa kelas 10 Jurusan Akuntansi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berbentuk kuisioner berjumlah 29 butir untuk variabel motivasi dan 28 butir untuk variabel disiplin. Hasil belajat diukur menggunakan hasil ulangan harian siswa di sekolah. Dari Uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linear dengan persamaan regresi ganda Y=-91.627+0.806X1+0.691X2. Model regresi ganda dinyatakan bebas dari masalah multikolinearitas, heterokedastisitas dan autokorelasi. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial untuk variabel motivasi dengan hasil belajar dengan dilakukan uji t, dimana t hitung (2.889)>t tabel (2.004), dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial untuk variabel disiplin dengan hasil belajar dengan t hitung (2.274)>t tabel (2.004), selain itu terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara ketiga variabel dengan dilakukannya uji f, dimana nilai Fhitung (17.404)>Ftabel(3.165). Kemudian, Berdasarkan perhitungan korelasi ganda diperoleh nilai R sebesar 0.623, maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel motivasi dan disiplin dengan variabel hasil belajar memiliki hubungan yang kuat. Dan berdasarkan perhitungan persentase sumbangan hubungan variabel motivasi, disiplin dengan hasil belajar sebesar 0.365 atau 36,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model ini. Untuk dapat meningkatkan motivasi, pendidik dapat memberikan hadiah dan dukungan sehingga dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar dan mengenai tata tertib yang berlaku perlu ditegakkan sehingga kedisiplinan dapat dilakukan. Study aimed to obtain valid data and facts about the Relationship Between Motivation And Discipline Of Students With Learning Outcomes Class X In 50 State Vocational High School Jakarta Accounting Lessons. This study used a survey method with a quantitative approach because in this study the data to be retrieved in the form of figures and statistical analyzes using . The population of this study were all students of 50 State Vocational High School Jakarta with a population totaling 676 people . The population that researchers specify inaccessibility is numbered 70 students . Class consists of 10 students Accounting Department . The sample used in this study are numbered 58 students . The sampling technique used in this study is Simple Random Sampling Technique . Instruments used in the form of a questionnaire study totaled 29 points for the motivation variable and 28 points for the discipline variable . Results learns measured using daily test results of students in the school . Of test requirements analysis, data were expressed normally distributed and linear multiple regression equation Y = -91 627 +0.806X1 +0.691X2 . Multiple regression models were declared free from the problem of multicollinearity, heterocedastit, and autocorrelation. Based on the results of hypothesis testing can be seen that a positive and significant relationship to variables partially motivated by the results of the study conducted t test , where tcount ( 2,889 ) > ttable ( 2.004 ) , and there is a positive and significant relationship to the variable partial discipline with learning outcomes with tcount ( 2.274 ) > t table ( 2.004 ) . And than, that a positive and significant effect among the three variables simultaneously with the test done f , where the value of Fcount ( 17 404 ) > Ftabel ( 3,165 ) . Based on the correlation equation double the R value of 0,623 is obtained , it can be concluded that the relationship between the variables of motivation and discipline with relatively strong learning outcome variables . And based on the calculation of the percentage contribution of the variable relationship motivation , discipline to the learning outcomes of 0,365 or 36,5 % , while the remaining is influenced by other factors that are not addressed in this model .To improve motivation, educators can provide gifts and support so as to promote the spirit of students to learn and apply the rules that need to be enforced so that discipline can be done.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. ; 2). Santi Susanti, S.Pd, M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Feb 2020 12:48
Last Modified: 10 Feb 2020 12:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item