TEACHERS’ SET INDUCTION AND CLOSURE IN ENGLISH CLASSROOM (A Case Study at SMP Negeri 2 Central Jakarta)

RESNA SEPTIANI, . (2016) TEACHERS’ SET INDUCTION AND CLOSURE IN ENGLISH CLASSROOM (A Case Study at SMP Negeri 2 Central Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
APPENDICES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BIOGRAFI PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (171kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (405kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENTS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan komponen-komponen membuka dan menutup kelas yang digunakan oleh guru dan meneliti bagaimana membuka dan menutup kelas dibawakan oleh guru dikelas bahasa inggris.Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai bulan Mei. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data dari penelitian ini adalah kegiatan membuka dan menutup pelajaran yang dibawakan oleh guru. Sumber data penelitian ini adalah dua guru yang mengajar bahasa Inggris di kelas 7 SMPN 2 Jakarta. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi kelas dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komponen-komponen membuka kelas yang digunakan oleh guru adalah mengucapkan salam, menggunakan audio visual, mengulas materi pelajaran sebelumnya, menyatakan tujuan pembelajaran sebesar, mengaktifkan pengetahuan sebelumnya sebesar. Lalu, komponen-komponen menutup kelas yang digunakan oleh guru adalah merangkum, mengevaluasi dan mengulas materi yang akan datang. Hasil penelitian juga menunjukan bagaimana guru membawakan membuka kelas dengan mengucapkan salam, menggunakan audio visual dengan menunjukkan video, mengulas pelajaran sebelumnya dengan memberikan pertanyaan, menyatakan tujuan pembelajaran dengan memaparkan tujuan pelajaraan dan mengaktifasi pengetahuan siswa sebelumnya dengan memberikan pertaanyaan. Guru membawakan menutup kelas dengan merangkum konten pembelajaran, mengevaluasi progres siswa dan mengulas materi yang akan datang dengan memberikan pr. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa guru memilik berbagai hambatan dalam melaksanakan kegiatan membuka dan menutup kelas, yakni batasan waktu dan menguasai karakter siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ratna Dewanti M.Pd. ; 2). Dr. Sri Sumarni M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Sastra Inggris
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 14:23
Last Modified: 12 Feb 2020 14:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item