RIA MUTIARA, . (2016) ANALISIS STRUKTUR TEKS PADA BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Pernyataan, dan lain-lain.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I-V, Daftar Pustaka.pdf Download (513kB) |
|
Text
3. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun akademik 2015-2016 pada Januari – Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif dengan teknik analisis isi. Objek penelitian ini adalah teks-teks dalam Buku Penilaian Autentik (BUPENA) Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs. Fokus penelitian ini adalah genre teks, subgenre teks, jenis teks, dan struktur teks. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 35 data teks berdasarkan genre teks, yaitu 7 data teks (20%) bergenre sastra/penceritaan dengan 5 data teks (14%) subgenre naratif dan 2 data teks (6%) subgenre nonnaratif, 16 data teks (46%) bergenre faktual dengan 16 data teks (46%) subgenre laporan dan 0 data teks (0%) subgenre arahan/prosedural, dan 12 data teks (34%) bergenre tanggapan dengan 0 data teks (0%) subgenre transaksional dan 12 data teks (34%) subgenre ekspositori. Terdapat 31 data teks berdasarkan jenis teks, yaitu 7 data teks (23%) laporan hasil observasi dengan struktur teks lengkap yaitu, judul, klasifikasi umum, dan uraian bagian-bagain, 7 data teks (23%) deskripsi dengan struktur teks lengkap yaitu, judul penyataan umum, uraian bagian-bagian, 8 data teks (26%) eksposisi dengan struktur teks lengkap yaitu, judul, tesis, argumen, dan reiterasi, 4 data teks (13%) eksplanasi dengan struktur teks lengkap yaitu, judul, pernyataan umum, dan penjelasan, dan 5 data teks (16%) cerita pendek dengan struktur teks lengkap yaitu,judul, pengenalan/orientasi, masalah/komplikasi, pemecahan masalah/resolusi. Dari hasil penelitian tersebut, dapat dilihat bahwa buku tersebut lebih banyak menggunakan teks bergenre faktual dengan subgenre laporan (46%), dan teks berjenis eksposisi (26%) dengan struktur teks yang lengkap. Implikasi dari penelitian ini, dapat digunakan oleh penulis buku lain yang akan menyajikan materi teks Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 khususnya kelas VII SMP/MTs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). N. Lia Marliana, S.Pd, M.Phil (Ling), ; 2). Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd, |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 11:11 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 11:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3478 |
Actions (login required)
View Item |