HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN

NANDA DAVID PRASETYO, . (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Abad ke-21 ini masalah lingkungan akan terus terjadi jika tidak diiringi kesadaran dari masing-masing individu dalam menjaga lingkungan. Memecahkan suatu masalah lingkungan diperlukan kemampuan berpikir yang kompleks untuk memahami, mengidentifikasi, dan menganalisis suatu permasalahan, kemampuan tersebut adalah kemampuan berpikir kritis. Selain itu, diperlukannya literasi lingkungan untuk mendukung siswa dalam memahami kondisi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan literasi lingkungan terhadap kemampuan memecahkan masalah lingkungan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif – kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 118 siswa kelas X dan XI MIPA SMA 23 Kabupaten Tangerang yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan menggunakan instrumen dalam bentuk tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi, tingkat literasi lingkungan sedang, dan tingkat kemampuan memecahkan masalah lingkungan baik. Berdasarkan penelitian ini ditemukan terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan kemampuan memecahkan masalah lingkungan siswa. Terdapat hubungan positif antara literasi lingkungan dengan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah lingkungan. Terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kritis dan literasi lingkungan secara bersama-sama dengan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah lingkungan. *ABSTRACT* In the 21st century, environmental problems will continue to occur if it is not accompanied by the awareness of each individual in protecting the environment. Solving an environmental problem requires complex thinking skills to understand, identify, and analyze a problem, that ability is critical thinking ability. In addition, environmental literacy is needed to support students in understanding environmental conditions. This study aims to determine the relationship between critical thinking skills and environmental literacy on students' ability to solve environmental problems. The research method used is descriptive - quantitative with a correlational study. The sample in this study were 118 students of class X and XI MIPA SMAN 23 Kabupaten Tangerang, which were determined using the Slovin formula. Data were collected using instruments in the form of tests and questionnaires. The results showed that the level of critical thinking ability was high, the level of environmental literacy was moderate, and the level of ability to solve environmental problems was good. Based on this research, it was found that there is a positive relationship between students' critical thinking skills and students' ability to solve environmental problems. There is a positive relationship between environmental literacy and students' ability to solve environmental problems. There is a positive relationship between critical thinking skills and environmental literacy together with students' ability to solve environmental problems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Diana Vivanti Sigit, M. Si. 2) Dr. Mieke Miarsyah, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 15871 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:23
Last Modified: 12 Oct 2022 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34834

Actions (login required)

View Item View Item