TOMI RAHARDI ANGGORO, . (2009) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA PADA SMA NEGERI 56 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak Tomi Rahardi Anggoro.pdf Download (29kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (11kB) |
|
Text
Bab 1-5 Skripsi Tomi Rahardi Anggoro.pdf Download (448kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan antara Kemampuan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Siswa Pada SMA Negeri 56 Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 56 Jakarta Barat selama tiga bulan terhitung dari Bulan November 2008 sampai dengan Januari 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 56 Jakarta Barat, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI SMA Negeri 56 Jakarta Barat yang berjumlah 98 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proportional random sampling sebanyak 78 sampel. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Kemampuan Mengajar Guru) diukur menggunakan skala likert. Dimana variabel X dari 43 pernyataan yang telah dikalibrasi validitasnya yang valid sebanyak 35 butir pernyataan, sisanya 8 butir drop. Dengan hasil reliabilitas sebesar 0.938.Untuk Variabel Y ( Hasil Belajar Ekonomi ) yang diperoleh dari data yang ada pada guru mata pelajaran tersebut. Teknik analisa data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ= -5,75 + 0,447X. Sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors diperoleh Lhitung (0,0987) < Ltabel (0,1003), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinearan regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (49,25) > Ftabel (3,96) yang menyatakan regresi sangat berarti serta uji linearitas regresi yang menghasilkan Fhitung (0,86) < Ftabel (1,72) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Uji hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi hubungan dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,627. Kemudian uji signifikasi dengan thitung sebesar 7,018 dan ttabel sebesar 1,67. karena thitung > ttabel , maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa pada SMA Negeri 56 Jakarta Barat. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 39,32%, hal ini berarti variasi variabel Y (hasil belajar ekonomi) dipengaruhi oleh variabel X (Kemampuan mengajar guru) sebesar 39,32%. *****This research aim to obtain; whether there are Relation Between Ability of Teaching with Result of Study Economy at Student in 56 High School, West Jakarta. This research conducted In 56 High School, West Jakarta, during three months counted from November 2008 up to January 2009. Research method the used is method survey with approach of corelasional. Research population is student of 56 High School, while population reached by 98 student of 56 High School. Technique intake of sample is propotional random sampling counted 78 sample. Instrument used to obtain variable data of X (Ability of Teaching) in measure use scale of likert. Where variable of X from 43 statement which have in calibrating the validity of valid counted 35 statement items, the rest 8 item of drop. Using formula of Alpha Cronbach result of variable reliabilitas of X equal to 0,938 this matter prove that the instrument valid and reliabel, while for variable data of Y (Result of Study Economy) which used secondary data. Test mean and linearity of regresi by using tables Analyse Varians (ANAVA) obtained by equation of Fhitung regresi (49,25) > Ftabel (3,96) expressing regresi very mean and also test linearity of regresi yielding Fhitung (0,86) < Ftabel (1,72) indicating that model of regresi the used is linear. Hypothesis test conducted with relation correlation coefficient with formula of Product Moment yield rxy equal to 0,627. Then test signifikasi with t calculate equal to 7,018 and t tables of equal to 1,67 because thitung > ttabel , hence concluded that there are relation which isn't it between Ability of Teaching with Result of Study Economy at student In 56 High School. Coefficient test of determinasi yield KD equal to 39,32%, this indicate that variable variation of Y (Result of Study Economy) determined by variable of X (Ability of Teaching) equal to 39,32%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 06:21 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 06:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34855 |
Actions (login required)
View Item |