RISKA IKHWANDA P.K., . (2016) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PENGAJARAN BIPA DI SEKOLAH BAHASA TNI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Riska Ikhwanda P.K._2115121411_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang karena sering terjadinya gejala bahasa berupa alih kode dan campur kode dalam pengajaran BIPA di sekolah bahasa TNI yang menandakan bahwa dalam pengajaran BIPA di sekolah tersebut masih terjadi kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peristiwa alih kode dan campur kode yang terjadi dalam pengajaran BIPA di sekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada BIPA tingkat dasar pada tanggal 10 dan 11 Maret 2016 selama 10 jam pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti sendiri dibantu dengan alat perekam suara. Data-data yang didapat dianalisis dengan tabel analisis kerja. Data yang dianalisis merupakan peristiwa alih kode dan campur kode yang terjadi antara guru dan siswa BIPA ketika pengajaran berlangsung. Dari hasil penelitian ditemukan 321 data alih kode dan 452 data campur kode yang berjenis alih kode dan campur kode ke luar. Alih kode yang disebabkan karena penutur terdapat 91 data, mitra tutur terdapat 225 data, perubahan topik terdapat 1 data, karena hal lain terdapat 4 data tetapi tidak ditemukan penyebab karena gengsi, hadirnya orang ketiga, dan perubahan formal ke informal. Campur kode yang disebabkan karena ungkapan yang ”pas” terdapat 29 data, kebiasaan dan kesantaian komunikasi terdapat 10 data, karena hal lain terdapat 413 data tetapi tidak ditemukan penyebab karena kesamaan bahasa ibu. Implikasi dari penelitian ini terhadap pengajaran BIPA, yaitu guru harus menggunakan berbagai metode dan media yang inovatif agar memudahkan siswa dalam belajar dan mewajibkan siswa untuk selalu membawa kamus ketika pengajaran berlangsung agar ketika ada kosakata dalam bahasa Indonesia yang tidak diketahui mereka tidak beralih kode ataupun bercampur kode, sehingga kedua gejala bahasa tersebut dapat dihindari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. ; 2). Aulia Rahmawati, M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 11:32 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 11:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3493 |
Actions (login required)
View Item |