SUSI FEBRIANI, . (2010) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 101 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Susi Febriani-8135062628.pdf Download (713kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan fakta yang sahih, valid, serta dapat dipercaya tentang apakah terdapat hubungan antara Penggunaan Media Pengajaran dengan Minat Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 101 Jakarta Barat, selama empat bulan terhitung dari bulan Februari sampai dengan Mei 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa di SMA Negeri 101 Jakarta Barat yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 776 dan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI Jurusan IPS yang berjumlah 147 siswa. Dari populasi terjangkau tersebut diambil sampel sebanyak 105 siswa. Pengambilan sampel tersebut didasarkan pada tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling). Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Penggunaan Media Pengajaran (Variabel X) dan Minat Belajar Siswa (Variabel Y). Sebelum instrument ini digunakan dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 29 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 2 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 27 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 33 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 3 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri 30 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas varibel X sebesar 0,881 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,862. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliabel. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,072, sedangkan Ltabel untuk n = 105 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,086. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 57.55 + 0.518X . Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel , yaitu 52,46 > 3,91, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,99 < 1,59, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.581, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 7,24 dan ttabel =1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.581 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 33,76 % yang menunjukkan bahwa 33,76 % variasi minat belajar siswa ditentukan oleh penggunaan media pengajaran. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara Penggunaan Media Pengajaran dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 101 Jakarta Barat. ***** The aim of this research is to obtain empirical data, valid and reliable fact concerning wheter or not there is correlation beetwen The using of Media Teaching with student interest. This research conducted in SMAN 101 West Jakarta. During 4 months counted from February 2010 up to Mei 2010. The research used survey method with approach of correlation. The population research is all student in SMAN 101 West Jakarta such as student class X, XI, dan XII amount 776 student, and the reached of population is student class XI study Social amount 147 student. From the reached population amount reached the taken as sample amount 105 student. Sampling is based on the determination of the number of tebel sample of the population diagnosed with a specific error 5%. Sampling technique in this research is a simple random technique (Simple Random Sampling). To get data from two variabels, researcher using likert scale model for The using of Media Teaching (X) and Student interest (Y). For variable X, from 29 statements which had validated, 27 statements were valid and 2 statements were drop. For variable Y, from 33 statement which had validated, 30 statements were valid and 3 statements were drop. The calculation reliability of both variable were using Alpha Cronbach method and variable X reliability is 0.881 and variable Y reliability is 0.862. This proof that the instrument were valid and reliable. Analysis of condition test, which is normality error test for regression approximates of X on Y with liliefors test, results in L t = 0.072 and Lt for n = 105 with significance of 0.05 is adalah 0.086, because Lc < Lte then normality error test is normal distribution. The equation for linear regression is Ŷ = 57.55 + 0.518X. Significance regression results in Fct > Fta, is 52,46 > 3,91, it’s mean that the regression equation is significant. And linearity regression test yield, in Fc < Ft is 0,99 < 1,59 that can be interpreted that the regression equation is linear. Results of hypotesis test withPearson’s product moment shows that rxy = 0.581, then significance of product moment correlation is tested with t test which yields t =7.24 and ttable = 1.66 It can be result that product moment correlation rxy =0.581 is significant. Coefficient of determined obtained equal to 33.76%, its mean that 33.76% variations of student interest determined by the using of Media Teaching. Result of the calculation concludes that there is positive correlation between the using of Media Teaching with student interest at Economic Lesson in SMAN 101 West Jakarta
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Corry Yohana, M. M ; 2). Dra. Umi Mardiyati, M. Si |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:14 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35048 |
Actions (login required)
View Item |