PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAAN LAGU – LAGU ARAB TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN ISTIMA’ (MENYIMAK) PADA SISWI DI SEKOLAH “YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL NUR EL KASYSYAF (YAPINK)” TAMBUN – BEKASI

ROBIATUL ADAWIYAH, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAAN LAGU – LAGU ARAB TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN ISTIMA’ (MENYIMAK) PADA SISWI DI SEKOLAH “YAYASAN PERGURUAN ISLAM EL NUR EL KASYSYAF (YAPINK)” TAMBUN – BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Robiatul Adawiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MA ”Yayasan Perguruan Islam el-Nur el- Kasysyaf (YAPINK)” Tambun - Bekasi, pada tahun Ajaran 2015-2016, yang dimulai dari bulan April 2016 sampai dengan bulan Mei 2016 dengan tujuan untuk mengetahui “Pengaruh Media Pembelajaran Lagu-lagu Arab Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Istima’ (Menyimak) Pada Siswi di Sekolah ”Yayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf (YAPINK)” Tambun – Bekasi”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa MA ”Yayasan Perguruan Islam el-Nur el- Kasysyaf (YAPINK)” Tambun – Bekasi” dan Sampelnya adalah Siswa kelas 1 Aliyah sebanyak 70 siswi terdiri dari 35 orang untuk kelas kontrol dan 35 orang untuk kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0.05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji Normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo = 0,139 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo = 0,127 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,886 (n = 35, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas Kontrol diperoleh 0,886 (n = 35, taraf 1 berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian Homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan Homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung lebih besar dari χ²tabel atau 1,28 < 3,84. Artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji Hipotesis, didapatkan thitung = 2,40. Dengan dk 68 dan ttabel = 1,67 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 2,40 > ttabel = 1,67 jadi H1 diterima dan HO ditolak. Maka, terdapat pengaruh positif pada media pembelajaran lagu-lagu Arab terhadap hasil belajar keterampilan istima’ (menyimak) pada siswi di Sekolah ”Yayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf (YAPINK)” Tambun – Bekasi”. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran lagu-lagu Arab lebih tinggi hasil belajar keterampilan istima’ (menyimak) dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Siswa juga lebih menyukai untuk belajar dengan menggunakan media pembelajaran lagu-lagu Arab, karena media ini dapat meningkatkan pembelajaran mereka dalam pemahaman keterampilan istima’ (menyimak) . Guru disarankan menggunakan dan membuat media pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran pemahaman keterampilan istima’ (menyimak).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Aceng Rahmat M.Pd. ; 2). Siti Jubaidah M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2020 16:57
Last Modified: 14 Feb 2020 16:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item View Item