ENTIN, . (2015) “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)” (STUDI PTK DI KELAS III SDN WIJAYA KUSUMA 03 PAGI GROGOL JAKARTA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB III.pdf Download (582kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (543kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (265kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (206kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (473kB) |
|
Text
abstrak ENTIN.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Wijaya Kusuma 03 Pagi Grogol Jakarta Barat melalui metode bermain peran yang dilaksanakan bulan Maret – Mei 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan kelas atau pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengamatan tindakan siswa dalam pelaksanaan bermain peran, hasil belajar PKn serta catatan lapangan. Uji validasi dan reliabilitas instrumen ditempuh melalui expert judgment. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan metode bermain peran .Persentase penguasaan konsep hasil belajar PKn pada siklus I mencapai 47,5%, dan siklus II 87,5% dari jumlah siswa memenuhi KKM 70. Hal tersebut meningkat karena dengan penerapan metode bermain peran yang mengalami perbaikan dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, sekolah perlu mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai untuk materi yang akan diajarkan dalam kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar PKn akan semakin tinggi jika pembelajaran dilakukan metode bermain peran semakin efektif. ******** This study aims to improve student learning outcomes Civics class III SDN Wijaya Kusuma 03 Morning Grogol, West Jakarta through methods play a role which was conducted in March-May 2014. The method used in this research is a method of using a classroom action research cycle model of Kemmis and Taggart. Classroom action research conducted through the planning stages, class action or implementation and observation, and reflection. Data collected by using observation instruments in the implementation of the action roleplaying students, learning outcomes Civics and field notes. Test validation and reliability of the instrument be done through expert judgment. The results obtained from this study an increase learning outcomes Civics by applying the method to play a role in the. Percentage concept mastery learning outcomes Civics in the first cycle of 47.5%, and 87.5% the second cycle of the number of students meet KKM 70. It is increased due to the application of the method of playing a role that has improved from time to time. Therefore, schools need to develop teaching methods appropriate to the material that will be taught in the classroom so that learning objectives can be achieved and will be a positive influence on students' learning outcomes Civics. The implication of this study is the result of learning civics would be higher if the learning is done playing the role of the more effective methods.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 06:40 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 06:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35120 |
Actions (login required)
View Item |