KORELASI PENGUASAAN BUNPOU III DAN KEMAMPUAN DOKKAI I PADA MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ADINDA MIA LARASATI, . (2022) KORELASI PENGUASAAN BUNPOU III DAN KEMAMPUAN DOKKAI I PADA MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti korelasi penguasaan Bunpou III dan kemampuan Dokkai I pada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil angket kendala mahasiswa yang menyatakan bahwa mata uji Dokkai pada N3 menjadi bagian yang paling sulit dikerjakan karena pola kalimat yang rumit. Materi membaca pada mata kuliah Dokkai I merupakan materi pemula dalam mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki bacaan dengan level N3. Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk dapat menemukan korelasi Bunpou III dan kemampuan Dokkai I pada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Dokkai I tahun akademik 2021/2022. Sampel pada penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa peserta mata kuliah Dokkai I kelas C yang berasal dari angkatan yang berbeda-beda. Instrumen berupa soal UAS Bunpou III dan Dokkai I yang terintegrasi melalui Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan sudah diuji validitasnya oleh Expert Judgement. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi nilai UAS Bunpou III dan Dokkai I. Selain itu, sampel juga memberikan tanggapan mengenai komponen yang paling mempengaruhi kemampuan Dokkai I. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan rumus Product Moment, diperoleh kesimpulan yaitu nilai korelasi variabel penguasaan Bunpou III (X) dengan variabel Dokkai I (Y) sebesar -0,091. Nilai tersebut termasuk dalam kategori tingkat korelasi yang lemah. Maka pada data tersebut dinyatakan bahwa hipotesis H0 dapat diterima yang artinya tidak terdapat korelasi yang signifikan antara variabel penguasaan Bunpou III (X) dengan variabel Dokkai I (Y). Hal tersebut dikarenakan karakteristik Dokkai menurut para ahli yang tidak hanya bertumpu pada kemampuan penguasaan tata bahasa saja. Hasil tanggapan mahasiswa menunjukkan bahwa komponen yang paling mempengaruhi kemampuan Dokkai I adalah kanji sebesar 45% dan kosakata sebesar 45%. *** This study aims to examine the correlation between mastery of Bunpou III and ability of Dokkai I in the 3rd semester students of the Japanese Language Education Study Program State University of Jakarta. The background of this research is based on the results of the student questionnaire responses which states that the part of reading test on Japanese Language Proficiency Test N3 is the most difficult part to do because of the complicated sentence patterns. The reading material in the Dokkai I class is classified as the beginner level in preparing students to enter reading a passage at the N3 level. This study uses the correlational method to find the correlation between Bunpou III and Dokkai I abilities in students who are taking Dokkai I courses in the 2021/2022 academic year. The sample in this study was 20 students who took part in the Dokkai I class in the 2021/2022 academic year and came from different batches. Data retrieval uses the technique of documenting the Bunpou III final exam score and Dokkai I final exam scores. The instrument is final exam test which are integrated through the Semester Learning Plan and have been tested for validity by the expert judgment. In addition, the sample also provides responses about the most affecting components according to the ability of Dokkai I. Based on the results of data processing with the product moment formula, it was concluded that the correlation value of the grammar mastery variable (X) with the reading ability variable (Y) was -0.091. This value is included in the category of a weak correlation level. According to this result, the data stated that the hypothesis H0 is acceptable, which means that there is no significant correlation between the grammar mastery variable (X) and the reading ability variable (Y). This is because the characteristics of reading comprehension according to experts which are not only based on the grammar mastery ability. The results of student responses indicate that the most influenced components of the Dokkai I ability are kanji by 45% and vocabulary by 45%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nia Setiawati, M.Pd. ; 2). Poppy Rahayu, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 16079 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:40
Last Modified: 05 Oct 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35158

Actions (login required)

View Item View Item