PENANAMAN SIKAP MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kualitatif di SMAN 1 Losari Cirebon)

VENI ALTANIA, . (2022) PENANAMAN SIKAP MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kualitatif di SMAN 1 Losari Cirebon). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (807kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara empiris mengenai peran guru dalam menanamkan sikap moderasi beragama dan implementasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini dimulai pada bulan Mei hingga Juni 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan kepada informan yaitu kepala sekolah, guru PPKn dan Siswa. Kelengkapan data didukung oleh pendapat ahli. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam menanamkan sikap moderasi dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan memberikan pengajaran terhadap nilai-nilai moderasi beragama, membentuk kepribadian peserta didik, menyisipkan pesan moral dalam setiap pembelajaran. Seorang guru PPKn juga harus mampu mengimplementasikan moderasi beragama terhadap siswa dengan melalui metodemetode pembelajaran yang dilakukan serta demokratis dalam segala tingkah lakunya,baik sikap maupun perkataannya,tidak diskriminatif terhadap peserta didik yang menganut agama yang berbeda dengannya. Guru seharusnya memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap kejadian-kejadian tertentu yang berhubungan dengan agama. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PPKn sangat penting dalam menanamkan sikap moderasi beragama di sekolah, terutama bagi sekolah yang memiliki beragam agama yang berbeda. Kemudian tugas guru PPKn dalam mengimplementasikan moderasi beragama bukan hanya mengajar dan memberikan ilmu saja, akan tetapi guru perlu melakukan metode-metode tertentu agar mpeserta didik dapat menanamkan sikap moderasi beragama. Sekolah SMAN 1 Losari Cirebon selalu berusaha mengedepankan sikap moderasi beragama, toleransi yang baik, mengingat peserta dididknya yang beragam agama. Para guru dan staf tenaga pengajar juga selalu mencontohkan kepada peserta didiknya sikap moderasi yang baik yaitu dengan menghargai, menghormati, setiap perbedaan pendapat yang ada ***** This study aims to obtain empirical information about the role of teachers in instilling religious moderation attitudes and their implementation in learning. This research was started from May to June 2022. The method used in this research is descriptive qualitative with qualitative study method. The data collection procedure was carried out by means of observation, interviews and documentation studies conducted on informants, namely school principals, PPKn teachers and students. The completeness of the data is supported by expert opinion. Based on the results of this study, it shows that the role of PPKn teachers in instilling an attitude of moderation can be done in various ways, namely by providing teaching on the values of religious moderation, shaping the personality of students, inserting moral messages in each lesson. A PPKn teacher must also be able to implement religious moderation towards students through learning methods that are carried out and are democratic in all their behavior, both attitudes and words, not discriminatory towards students who adhere to a different religion from them. Teachers should have a very high concern for certain events related to religion. The conclusion of this study shows that the role of Civics teachers is very important in instilling an attitude of religious moderation in schools, especially for schools that have a variety of different religions. Then the task of PPKn teachers in implementing religious moderation is not only teaching and providing knowledge, but teachers need to carry out certain methods so that students can instill an attitude of religious moderation. SMAN 1 Losari Cirebon school always tries to put forward an attitude of religious moderation, good tolerance, considering that its students are of various religions. Teachers and teaching staff also always set an example for their students with a good moderation attitude, namely by respecting, respecting, any differences of opinion that exist.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd 2. Iqbal Syafrudin, S.Pd., M.I.P
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Etika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 15421 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:47
Last Modified: 13 Sep 2022 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35278

Actions (login required)

View Item View Item