PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA THE EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP KNOWLEDGE, SELF-EFFICIENCY AND THE FAMILY ENVIRONMENT ON STUDENTS' INTEREST IN ENTREPRENEURSHIP FACULTY OF SOCIAL SCIENCES, STATE UNIVERSITY OF JAKARTA

RENDY MARDTA, . (2022) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA THE EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP KNOWLEDGE, SELF-EFFICIENCY AND THE FAMILY ENVIRONMENT ON STUDENTS' INTEREST IN ENTREPRENEURSHIP FACULTY OF SOCIAL SCIENCES, STATE UNIVERSITY OF JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy

Abstract

Rendy Mardta 8105164347, Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2017 dan 2018. Sampel pada penelitian ini berjumlah 136 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dengan range skala likert. Minat Berwirausaha (Y), Pengetahuan Kewirausahaan (X1), Efikasi Diri (X2) dan Lingkungan Keluarga (X3) merupakan data primer. Data dianalisis dengan Teknik regresi berganda menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Teknik analisis yang digunakan terdiri dari uji persyaratan analisis (uji normalitas dan linearitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastistas), persamaan regresi berganda, uji F dan uji T. Uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov pada ketiga variabel bernilai 0,200. Dengan hasil uji linearitas pada pengetahuan kewirausahaan efikasi diri dan lingkungan keluarga bernilai 0,000. Uji Multikolinearitas variabel pengetahuan kewirausahaan nilai tolerance 0,241 >0,1 dan nilai VIF 4,156 <10, variabel efikasi diri nilai tolerance 0,160 >0,1 dan nilai VIF 6,257 <10, variabel lingkungan keluarga nilai tolerance 0,231 >0,1 dan nilai VIF 4,334 <10. Uji Heteroskedastisitas pada variabel pengetahuan kewirausahaan sig sebesar 0,350, variabel efikasi diri sig sebesar 0,795, dan variabel lingkungan keluarga sig sebesar 0,632. Uji f bernilai 103,631 dan uji t bernilai variabel pengetahuan kewirausahaan bernilai 3,613, variabel efikasi diri bernilai 2,896 dan variabel lingkungan keluarga bernilai 1,892 Hasil persamaan regresi berganda adalah Y = 6,467 + 0,408X1 + 0,374X2 + 0,141X3 dari persamaan tersebut pengaruh dari pengetahuan kewirausahaan efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha memiliki pengaruh dengan arah positif dan signifikan. Hasil koefisiensi determinasi (R2) adalah 0,702. yang mengartikan bahwa 70,2% variabel minat berwirausaha berhubungan secara simultan dapat dijelaskan oleh pengetahuan kewirausahaan, efikasi diri, dan lingkungan keluarga sedangkan sisanya sebesar 29,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh Peneliti. Kata kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha. Rendy Mardta 8105164347, The Effect Of Entrepreneurship Knowledge, Self-Efficiency And The Family Environment On Students' Interest In Entrepreneurship Faculty Of Social Sciences, State University of Jakarta, 2022. This study aims to determine the effect of entrepreneurial knowledge, self-efficacy and family environment on interest in entrepreneurship. This study uses a survey method with a quantitative approach with a population of 2017 and 2018 students of the Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta. The sample in this study amounted to 136 respondents. Data collection was carried out using a questionnaire method with a Likert scale range. Interest in Entrepreneurship (Y), Knowledge of Entrepreneurship (X1), Self-Efficacy (X2) and Family Environment (X3) are primary data. The data were analyzed using multiple regression technique using the SPSS (Statistical Product and Service Solution) program. The analytical technique used consists of requirements analysis test (normality and linearity test), classical assumption test (multicollinearity test and heteroscedasticity test), multiple regression equations, F test and T test. Normality test with Kolmogorov Smirnov on all three variables is 0.200. With the results of the linearity test on entrepreneurial knowledge of self-efficacy and family environment, it is worth 0.000. Multicollinearity test of entrepreneurship knowledge variable tolerance value 0.241 > 0.1 and VIF value 4.156 <10, self-efficacy variable tolerance value 0.160 > 0.1 and VIF value 6.257 <10, family environment variable tolerance value 0.231 > 0.1 and VIF value 4.334 <10. Heteroscedasticity test on the entrepreneurial knowledge variable sig is 0.350, the self-efficacy variable sig is 0.795, and the family environment variable sig is 0.632. The f-test is worth 103.631 and the t-test is worth 3.631 entrepreneurial knowledge variable, self-efficacy variable is 2.896 and family environment variable is 1.892 The results of the multiple regression equation are Y = 6.467 + 0.408X1 + 0.374X2 + 0.141X3 from the equation the effect of entrepreneurial knowledge on efficacy self and family environment on interest in entrepreneurship has a positive and significant influence. The result of the coefficient of determination (R2) is 0.702. which means that 70.2% of the variables of interest in entrepreneurship can be explained simultaneously by entrepreneurial knowledge, self-efficacy, and family environment while the remaining 29.8% is influenced by other factors not examined by researchers. Keywords: Entrepreneurship Knowledge, Self-Efficacy, Family Environment, Entrepreneurial Interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman, M.Bus 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 16281 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:53
Last Modified: 08 Sep 2022 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35361

Actions (login required)

View Item View Item