PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN

NIEKEN MAULIA PRATIWI, . (2011) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (22kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (208kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis penelitian dan memperoleh data secara empiris dari permasalahan yang diajukan, yaitu bukti ada atau tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas III Sekolah Dasar di Jakarta Selatan, semester II tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar matematika dengan materi bilangan pecahan dan dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas saat pretest-posttest baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil pengujian normalitas pretest pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa diperoleh harga Lo tabel pada taraf signifikan α = 0,05 untuk n = 25 adalah 0,173 dan Lo hitung 0,1306; sedangkan Lo tabel pada kelas kontrol untuk n = 20 adalah 0,190 dan Lo hitung 0,1212. Hasil pengujian normalitas posttest pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa harga Lo tabel untuk n = 25 adalah 0,173 dan Lo hitung 0,114; sedangkan Lo tabel pada kelas kontrol untuk n = 20 adalah 0,190 dan Lo hitung 0,0853. Oleh karena keempat harga Lo hitung pada hasil pengujian normalitas lebih kecil dari Lo tabel, maka data pada kedua kelas berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa harga Fhitung sebesar 1,85; sedangkan harga Ftabel pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan pembilang 24 dan derajat kebebasan penyebut 19 adalah 2,11. Oleh karena Fhitung lebih kecil daripada Ftabel (1,85 < 2,11), maka kedua kelas tersebut homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis, maka dilakukan uji hipotesis dengan penghitungan uji-t. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t, diperoleh harga t hitung = 3,18 dan t tabel 1,72 dengan (dk = 24, 19) pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (3,18 > 1,72), maka dapat disimpulkkan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas III SDN Kalibata 04 Pagi Pancoran Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa sehingga memberikan pengalaman dan suasana menyenangkan dalam belajar terutama pada pelajaran matematika. ***** The purpose of this study was to test the research hypotheses and empirical data obtained from the proposed issue, namely whether there is any evidence of the influence the use of props to the students motivation to learn mathematics in the third grade elementary school students in South Jakarta, the second semester of the academic year 2010/2011. Samples were taken using simple random sampling technique. Data processing is done by using a questionnaire motivation to learn mathematics with matter fractions and analyzed with the test for normality and homogeneity test as pretest-posttest both experimental classes and control classes. The results of normality tests on the experimental class pretest showed that the price obtained Lo table on the significant level α = 0.05 for n = 25 is 0.173 and 0.1306 Lo count, while Lo table on the control class for n = 20 is 0.190 and Lo count 0,1212. Posttest results of normality tests on the experimental class showed that the price Lo tables for n = 25 is 0.173 and 0.114 Lo count, while Lo table on control classes for n = 20 are 0.190 and 0.0853 Lo count. Therefore the fourth price Lo count on the results of the normality test is smaller than Lo table, the data on both classes are normally distributed. Test results showed that the price Fcount homogeneity of 1.85, while the price Ftable at significant level α = 0.05 with 24 degrees of freedom numerator and denominator degrees of freedom 19 is 2.11. Therefore Fcount smaller than Ftable (1.85 < 2.11), then both classes are homogeneous. After test requirements analysis, then tested the hypothesis by calculating ttest. Based on the results of the t-test calculation, the price obtained t count = 3.18 and 1.72 with a ttable (df = 24, 19) at significance level α = 0.05. This shows the price of tcount is greater than t table (3.18 > 1.72), then it can concluded that influence the use of props to motivate students to learn math class III SDN Kalibata 04 Pagi Pancoran of South Jakarta. Implications of the results of this study is the learning of mathematics by using props can give effect students' motivation to learn mathematics so as to provide a pleasant atmosphere and experience in learning, especially in math.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. ; 2). Dra. Endang M.K., M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:27
Last Modified: 09 Sep 2022 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35517

Actions (login required)

View Item View Item