MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN KAPUK 16 PAGI JAKARTA BARAT

AGUSTINA EKA SARI, . (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN KAPUK 16 PAGI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Agustina Ekasari.pdf

Download (900kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kualitas pembelajaran IPA tentang Sifat Benda melalui Metode Eksperimen di kelas IV SDN Kapuk 16 Pagi Jakarta Barat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kapuk 16 Pagi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, khususnya di Kelas IV. Penelitian ini dilakukan dengan metode siklus putaran yang mengacu pada model PTK. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh pada saat pembelajaran pada siklus I, motivasi siswa adalah 78,81, sedangkan pada pedoman pengamatan metode eksperimen adalah rata-rata 88,23%. Pada siklus II, motivasi siswa adalah 87,50, sedangkan pada pedoman pengamatan eksperimen adalah 91,17%. Keberhasilan penggunaan metode eksperimen dibuktikan dengan semakin meningkatnya kualitas penggunaan metode eksperimen yang dilakukan guru akan mempengaruhi peningkatan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kapuk 16 Pagi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Implikasi penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode eksperimen merupakan pembelajaran yang memberi pengalaman bagi siswa untuk mengalami langsung dan menemukan sendiri konsep dari IPA sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa yang dapat diterapkan dalam kehidupan sekolah, lingkungan masyarakat dan kehidupan sehari-hari. ***** The goal of this class action research is to know if there is improving of study quality of IPA about things and it’s characteristics by using the experiment method in grade fourth at SDN Kapuk 16 Pagi in West Jakarta DKI Jakarta. The research was implemended grade IV on SDN Kapuk 16 Pagi in District of Cengkareng, West Jakarta, especially in Grade Fourth. It is done by method of Spiral Cyless PTK models. Result observationaling to point out acquired data while processes learning on yielding cylce I, student motivation was 78,81, and method experiment is 88,23%. On cycle II, student motivation was 87,50 and method experiment is 91,17%. Successful in use method experiment approved by improving quality by using method experiment of teacher have effected to improving study motivation student IPA grade IV SDN Kapuk 16 Pagi, District Cengkareng, Jakarta Barat. The implication on research of experiment is by using method experiment was give good experience for student to following and finding by themselves concept from science therefore they can improve study motivation science for student which can use in their surrounding school, humanity and life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd. ; 2). Drs. F.T.Munthe, M.A.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:15
Last Modified: 12 Sep 2022 06:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35696

Actions (login required)

View Item View Item