GAMBARAN KECEMASAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP SWASTA DI JAKARTA TIMUR

RAHMADINA AZIZAH, . (2022) GAMBARAN KECEMASAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP SWASTA DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kecemasan belajar yang dialami peserta didik SMP Swasta di Jakarta Timur. Dalam penelitian ini mempunyai jumlah responden sebanyak 389 peserta didik yang terdiri dari kelas VII dan kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan The SAS-S Instrument dengan jumlah 28 item yang dikembangkan oleh Maqsood dan Ijaz (2013). Hasil uji validitas mendapatkan keseluruhan item valid dan realibilitas sebesar 0,932. Responden terdiri dari 193 laki-laki dan 196 perempuan. Berdasarkan jenis kelamin, peserta didik perempuan lebih cenderung mempunyai tingkat kecemasan lebih tinggi daripada peserta didik laki-laki. Berdasarkan jenjang usia, peserta didik dengan usia 14 tahun cenderung mengalami kecemasan belajar lebih tinggi dibandingan peserta didik usia 12-13 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya peserta didik mengalami kecemasan belajar dengan total skor rata-rata 30,38 dengan faktor yang paling banyak dipilih yaitu “fear of evaluation”. ***** This study aims to describe the learning anxiety experienced by private junior high school students in East Jakarta. In this study, the number of respondents was 389 students consisting of grade 7th and grade 8th. Sampling used a simple random sampling technique. The method used in this research is a quantitative approach and a descriptive approach. Data collection in this study used The SAS-S Instrument with a total of 28 items developed by Maqsood and Ijaz (2013). The results of the validity test get a total of valid and reliability items of 0.932. Respondents consisted of 193 boys and 196 girls. Based on gender, female students are more likely to be exposed to a higher level than male students. Based on the age level, students aged 14 years face higher learning anxiety than students aged 12-13 years. The results showed that students experienced learning anxiety with an average total score of 30.38 with the most chosen factor being "fear of evaluation".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Rifqy ASh-Shiddiqy, S.Pd.,M.Pd. ; 2). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd.Kons.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 16324 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:37
Last Modified: 13 Sep 2022 04:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35753

Actions (login required)

View Item View Item