DIYAH AYU NINGRUM, . (2022) PENGARUH ASSOZIOGRAMM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN TOPIK SICH UND ANDERE VORSTELLEN SISWA KELAS X SMK NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (540kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Assoziogramm terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman topik sich und andere vorstellen pada siswa kelas X SMK Negeri 27 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain True-Experimental dan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri Jakarta yang mengikuti mata pelajaran bahasa Jerman yang berjumlah 212 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu siswa kelas X Unit Perjalanan Wisata 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X Perhotelan 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pemberian tes menulis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis uji – t. Hasil perhitungan pada tahap posttest menunjukkan nilai fhitung lebih kecil dari ftabel (1,05 < 1,86). Dari hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan bahwa data penelitian homogen dan dari perhitungan uji – t diperoleh nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (5,013>1,999) dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dk 64. Dari hasil perhitungan uji – t tersebut, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh Assoziogramm terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas X SMK Negeri 27 Jakarta. This study aims to determine the effect of Assoziogramm on German writing skills on the topic of sich und andere vorstellen in class X SMK Negeri 27 Jakarta. This research is a quantitative research with True-Experimental design and Pretest-Posttest Control Group Design pattern. This research was conducted at SMK Negeri 27 Jakarta in the odd semester of the 2021/2022 academic year. The population in this study were all students of class X SMK Negeri Jakarta who took German language subjects totaling 212 students. The sample of this research was taken by simple random sampling technique, namely the students of class X Travel Unit 1 as the experimental class and students of class X Hospitality 2 as the control class. Data collection in this study was done by giving a writing test. Hypothesis testing in this study was carried out using the t-test analysis technique. The results of the calculation at the posttest stage show that the fcount value is smaller than ftable (1.05 < 1.86). From the results of the homogeneity test calculation, it shows that the research data is homogeneous and from the t-test calculation, the tcount value is greater than the ttable value (5.013>1.999) with a significance level of = 0.05 and dk 64. From the results of the t-test calculation, Ho rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that there is an influence of Assoziogramm on the German writing skills of class X students of SMK Negeri 27 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Rr. Kurniasih RH, M.A. ; 2). Dr. Ellychristina D H, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Users 16157 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 02:25 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 02:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35861 |
Actions (login required)
View Item |