PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN TARI TOPENG TUNGGAL BETAWI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

IRSYAD NAUFAL HARITS, . (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN TARI TOPENG TUNGGAL BETAWI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi pembelajaran tari Topeng Tunggal pada mata kuliah Tari Betawi dengan menggunakan multimedia interaktif untuk mahasiswa. Multimedia ini diharapkan dapat layak digunakan dalam pembelajaran serta membantu mengoptimalkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa terhadap materi tari Topeng Tunggal Betawi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan prosedur ADDIE yang tahapan pengembangannya meliputi: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 yang terdiri dari 3 rombel pada mata kuliah tari Betawi. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara dianalisis secara kualitatif, dan angket dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap uji ahli diperoleh nilai rata-rata dari ahli materi 3.53 artinya “Sangat Baik”, dengan perbaikan pada: 1) nama kostum, 2) desain instrumen, dan 3) nama instrumen. Nilai rata-rata dari ahli pembelajaran 3.706 artinya “Sangat Baik”, dengan perbaikan pada: 1) fitur evaluasi, 2) error button, 3) desain Topeng, dan 4) teknik penulisan. Nilai rata-rata dari ahli media 3.075 artinya “Sangat Baik”, dengan perbaikan pada: 1) kelengkapan teks penjelasan, 2) konsistensi navigasi, 3) ukuran gambar, 4) konsistensi gaya visual, dan 5) kelengkapan foto asli untuk kejelasan dari ragam motif gerak tari. Tahap uji coba terbatas dilaksanakan kepada 12 mahasiswa secara small group, diperoleh data yang hasilnya dari seluruh responden memberikan komentar positif seperti: 1) medianya menarik, 2) sangat bervariasi, 3) sangat cocok untuk pembelajaran jarak jauh, 4) bermanfaat sekali untuk membantu pemahaman, 5) aplikasinya tidak membosankan, dan 6) aplikasinya sangat unik berbeda dari yang lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa multimedia interaktif D-Moleap untuk pembelajaran tari Topeng Tunggal pada mata kuliah Tari Betawi sangat layak digunakan, karena memiliki banyak fitur yang dapat membantu mahasiswa dalam mengoptimalkan pengetahuan dan keterampilannya serta sudah memenuhi syarat kriteria sebagai multimedia interaktif yang baik. **** This study aims to develop learning materials for Single Mask dance in Betawi Dance courses using interactive multimedia for students. This multimedia is expected to be suitable for use in learning and to help optimize students' knowledge and skills of the Betawi Single Mask dance material. This type of research is research and development or R&D (Research and Development) using the ADDIE procedure whose development stages include: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in this study were students of the class of 2021 which consisted of 3 groups in the Betawi dance course. Research data was collected by observation, interviews were analyzed qualitatively, and the questionnaire was analyzed quantitatively. The results of research and development at the expert test stage obtained an average score of 3.53 which means "Very Good", with improvements to: 1) the name of the costume, 2) the design of the instrument, and 3) the name of the instrument. The average value of learning experts is 3,706 meaning "Very Good", with improvements to: 1) evaluation features, 2) error buttons, 3) mask design, and 4) writing techniques. The media expert's average score of 3,075 means "Very Good", with improvements to: 1) completeness of explanatory text, 2) consistency of navigation, 3) image size, 4) consistency of visual style, and 5) completeness of original photos for clarity of variety. dance motive. The limited trial phase was carried out on 12 students in small groups, the data obtained from all respondents gave positive comments such as: 1) the media was interesting, 2) very varied, 3) very suitable for distance learning, 4) very useful for helping understanding , 5) the application is not boring, and 6) the application is very unique different from the others. The conclusion of this research is that D-Moleap interactive multimedia for learning Topeng Tunggal dance in the Betawi Dance course is very feasible to use, because it has many features that can help students optimize their knowledge and skills and have met the criteria as a good interactive multimedia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. ; 2). Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 16462 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:51
Last Modified: 16 Sep 2022 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35997

Actions (login required)

View Item View Item