HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH MPBP I DAN II DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PPL

MUTHIA ISMA ANANDA, . (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH MPBP I DAN II DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PPL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ISI.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan jawaban mengenai masalah apakah terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah MPBP I dan II dengan hasil belajar mata kuliah PPL pada mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Metode ini digunakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara 2 variabel yaitu persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah MPBP I dan II sebagai variabel X dan hasil belajar mata kuliah PPL sebagai variabel Y. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta yang telah mempelajari dan lulus mata kuliah MPBP I dan II dan PPL. Secara keseluruhan, responden pada penelitian ini berjumlah 60 orang yaitu 25 orang sebagai sampel uji coba dan 35 orang sebagai sampel penelitian yang sebenarnya. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah MPBP I dan II adalah angket tertutup dengan model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil uji validitas instrumen, 33 pernyataan dinyatakan valid karena nilai koefisien dari pernyataan tersebut lebih besar dari batas validitas yaitu 0,3. Dari hasil uji reliabilitas, diperoleh nilai koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,902 maka instrumen dinyatakan reliabel. Setelah uji coba instrumen selesai dilaksanakan, maka dilaksanakanlah analisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus Product Moment Correlation menggunakan taraf signifikasi 5% = 0,05. Teknik ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kedua variabel. Dari hasil perhitungan, diperoleh koefisien nilai r sebesar 0,367. Sedangkan batas penolakan hipotesis (r tabel) berada pada angka 0,334. Dengan demikian, r hitung > r tabel atau 0,367 > 0,334. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis penelitian diterima atau dengan kata lain terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah MPBP I dan II dengan hasil belajar pada mata kuliah PPL. Dengan dilaksanakannya penelitian ini, diharapkan mahasiswa lebih memperhatikan dan sungguh-sungguh dalam mempelajari mata kuliah MPBP I dan II karena mata kuliah tersebut merupakan salah satu faktor pendukung dalam pelaksanaan pengajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:11
Last Modified: 20 Sep 2022 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36171

Actions (login required)

View Item View Item