KAMPANYE ANTI NOMOPHOBIA MELALUI MEDIA SOSIAL

INDRA DWI PERMANA, . (2022) KAMPANYE ANTI NOMOPHOBIA MELALUI MEDIA SOSIAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (827kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy

Abstract

Nomophobia merupakan salah bentuk akibat perilaku negatif yang tercipta pada generasi Z. Mengingat Generasi Z adalah generasi yang dikategorikan sebagai kelompok yang melek informasi, karena dibesarkan bersama dengan perkembangan digital (McCrindle, 2014). Adanya fenomena ini, membuat individu yang sudah memiliki ketergantungan timbul perasaan tidak nyaman, gelisah, cemas, dan kebingungan saat tidak menggunakan smartphone (Maknun, 2019). Dengan dampak yang sangat berpengaruh bagi kehidupan pribadi individu maupun lingkungan sosial sekitar, perupa mengangkat isu Nomophobia ini kedalam motion graphic animation sebuah media informasi berbentuk kampanye melalui media sosial. Atas dasar kepedulian terhadap sesama untuk menumbuhkan kesadaran (Awareness) terhadap nomophobia dan pentingnya menggunakan smartphone dengan bijak dan efektif. Sebagai salah satu solusi dari permasalahan adanya fenomena sindrom nomophobia, dengan diadakannya komunikasi melalui kampanye dapat menyampaikan informasi secara rinci dan berkelanjutan. Media sosial dipilih dalam pendistribusian kampanye ini karena keterkaitan antara pengguna smartphone dan media sosial. Kampanye ini akan dilakukan di 5 media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia yakni Youtube, Whatsapp, Instagram, Facebook dan Twitter. Rangkaian desain kampanye telah diuji coba kepada target audience, ditunjukan untuk mengajak audiens agar dapat melihat kembali bagaimana konsep tentang smartphone dan bagaimana ia dapat mempengaruhi hidup. Hasil uji coba telah teruji efektif sebagai media penyampaian pesan yang mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat. Konten media sosial NOMINFO dapat menjadi solusi dalam menjawab permasalahan urgensi pentingnya berperilaku bijak dalam menggunakan smartphone. Nomophobia is a form of negative behavior created by Generation Z. Given that Generation Z is a generation that is categorized as an information literate group, because they grew up together with digital developments (McCrindle, 2014). The existence of this phenomenon makes individuals who already have dependence feel uncomfortable, restless, anxious, and confused when not using a smartphone (Maknun, 2019). With a very influential impact on the individual's personal life and the surrounding social environment, the artist raised the issue of Nomophobia into motion graphic animation, an information media in the form of a campaign through social media. On the basis of caring for others to raise awareness of nomophobia and the importance of using smartphones wisely and effectively. As a solution to the problem of the phenomenon of the nomophobia syndrome, communication through campaigns can convey detailed and sustainable information. Social media was chosen in the distribution of this campaign because of the relationship between smartphone users and social media. This campaign will be carried out on 5 social media with the most users in Indonesia, namely Youtube, Whatsapp, Instagram, Facebook and Twitter. The series of campaign designs have been tested on the target audience, aimed at inviting the audience to revisit the concept of a smartphone and how it can affect life. The trial results have been proven effective as a medium for delivering messages that are easily accepted and understood by the public. NOMINFO's social media content can be a solution in answering the urgency problem of the importance of behaving wisely in using smartphones.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eko Hadi Prayitno, M.Pd. 2). Dr. RA Ataswarin Oetopo, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 16269 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:53
Last Modified: 22 Sep 2022 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36259

Actions (login required)

View Item View Item