IPIKASARI, . (2020) PENGARUH PENGETAHUAN KONSEP EKOLOGI DAN KEINGINAN BERTINDAK TERHADAP PERILAKU TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN (STUDI KAUSAL TERHADAP SISWA SMA). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (162kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (793kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Perilaku tanggung jawab lingkungan merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga lingkungan dari kerusakan. Perilaku tanggung jawab lingkungan dapat dibangun melalui pengetahuan konsep ekologi dan keinginan bertindak terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan konsep ekologi dan keinginan bertindak siswa terhadap perilaku tanggung jawab lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode survei melalui studi kausal dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yang terdiri dari variabel eksogen (X1) yaitu pengetahuan konsep ekologi, variabel eksogen (X2) adalah keinginan bertindak dan variabel endogen (X3) yaitu perilaku tanggung jawab lingkungan. Sampel yang digunakan sebanyak 165 siswa kelas XI MIA dipilih menggunakan Simple Random Sampling. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa koefisien jalur X1 terhadap X3 adalah 0,817, X2 terhadap X3 adalah 0,838, X1 terhadap X2 adalah 0,832, dan X1 terhadap X3 melalui X2 adalah 0,70. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pengetahuan konsep ekologi dan keinginan bertindak memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap perilaku tanggung jawab lingkungan siswa. Keinginan bertindak dapat dikatakan sebagai variabel mediasi bagi pengetahuan konsep ekologi dan perilaku tanggung jawab lingkungan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab lingkungan siswa, faktor seperti pengetahuan konsep ekologi dan keinginan bertindak perlu diperhatikan. Responsible environmental behavior is one of important factors to protect the environment from damage. Responsible environmental behavior can be built through knowledge of ecological concepts and intention to act toward the environment. This study aims to investigate the effect of knowledge of ecological concepts and intention to act toward responsible environmental behavior of senior high school students. The research uses survey methods through causal studies and analyzed using path analysis. This study uses three variables, consisting of exogenous variable (X1), namely ecological concept knowledge, exogenous variable (X2) is itention to act and endogenous variables (X3), namely environmental responsibility behavior. The sample were 165 students from Mathematic and Science first grade as sample selecting by Simple Random Sampling. The result of hypothesis showed that the path coefficient X1 to X3 is 0,817, X2 to X3 is 0,838, X1 to X2 is 0,832, and X1 to X3 through X2 is 0,70. Based on these results it can be concluded knowledge of ecological concepts and intention to act has a direct effect and significant toward responsible environmental behavior of students. intention to act can be said as the mediated variable between knowledge of ecological and responsible environmental behavior. Therefore, to improve students’ responsible environmental behavior, factors such as knowledge of ecological concepts and intention to act need to be considered.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. ; 2). Dr. Ratna Komala, M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Ekologi sosial Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 574 not found. |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 17:07 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 17:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3627 |
Actions (login required)
View Item |