ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HITEI NO SETTOUJI “HI~, FU~, MU~, MI~” PADA MAHASISWA TINGKAT IV TAHUN AJARAN 2012/2013 JURUSAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PUTI KUSTIANTI, . (2013) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HITEI NO SETTOUJI “HI~, FU~, MU~, MI~” PADA MAHASISWA TINGKAT IV TAHUN AJARAN 2012/2013 JURUSAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PUTI - BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
PUTI - BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] Text
PUTI - BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
PUTI - COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
PUTI - Daftar Isi.pdf

Download (21kB)
[img] Text
PUTI - Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB)
[img] Text
PUTI - Kata Pengantar.pdf

Download (21kB)
[img] Text
PUTI - Abstrak.pdf

Download (18kB)
[img] Text
PUTI - BAB IV.pdf

Download (52kB)
[img] Text
PUTI - BAB II.pdf

Download (193kB)

Abstract

Hitei no Settouji adalah prefiks yang mengandung makna negatif, berlawanan, bertentangan dari kata dasarnya dalam bahasa Jepang, contohnya : Hi~ (非~), Fu~ (不~), Mu~ (無~), Mi~ (未~). Keempat hitei no settouji tersebut memiliki arti yang hampir sama sehingga terkadang membingungkan dan menyulitkan dalam menggunakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai kesalahan penggunaan Hitei no Settouji “Hi~, Fu~, Mu~, Mi~” pada mahasiswa tingkat IV tahun ajaran 2012/2013 Jurusan Bahasa Jepang dan faktor-faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif analitik dengan sampel 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah melalui tes dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa letak kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan dalam penggunaan Hitei no Settouji Hi~ (非 ~) dengan persentase kesalahan sebesar 61,38%, yang tergolong kategori cukup tinggi. Sedangkan faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah seperti yang berasal dari faktor eksternal, yaitu, kurang mendalamnya penjelasan dosen. Namun, faktor penyebab yang berasal dari faktor internal pun memiliki andil yang lebih besar dalam menyebabkan terjadinya kesalahan, seperti mahasiswa tidak memahami penggunaan Hitei no Settouji “Hi~, Fu~, Mu~, Mi~” dikarenakan Hitei no Settouji “Hi~, Fu~, Mu~, Mi~” memiliki arti yang hampir sama. Selain itu, aktivitas dan strategi belajar mahasiswa di luar kelas, seperti tidak mengulang materi dan tidak banyak melakukan latihan mengerjakan soal juga menjadi salah satu yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nur Saadah Fitri Asih, M. Pd ; 2). Tia Ristiawati, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:31
Last Modified: 23 Sep 2022 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36379

Actions (login required)

View Item View Item