NANDIA ANDINI FRANOZI, . (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IX SMPLB DI SLBN 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (885kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan pendekatan matematika realistik pada siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menunjukan hasil bahwa dengan pendekatan matematika realistik, hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan pada siswa tunarungu mengalami peningkatan yang signifikan. Terbukti dari hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan. Pada tahap pretest sebelum dilakukan pendekatan matematika realistik hasil belajar siswa menunjukan nilai rata-ratanya yaitu 54,62 dengan 1 siswa mendapat nilai tuntas diatas KKM yaitu 70. Lalu setelah dilakukan tindakan pada Siklus 1 hasil belajar siswa meningkat rata-ratanya menjadi 64,87 dengan 3 siswa mendapat nilai tuntas diatas KKM. Dan pada Siklus 2 hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 73,67 dengan 6 siswa mendapat nilai tuntas diatas KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan pada siswa tunarungu kelas IX di SLBN 5 Jakarta. Kata Kunci: Operasi Hitung, Matematika Realistik, Siswa Tunarungu ********** This study aims to improve learning outcomes of fractional arithmetic operations using a realistic mathematical approach to deaf students. This study uses the Class Action Research (CAR) method which shows the results that with a realistic mathematical approach, learning outcomes for counting fractions in deaf students have increased significantly. It is shown based on the evidence before and after taking the action was carried out, student learning outcomes showed an average score of 54.62 with 1 student getting a complete score above the KKM, which was 70. Then after taking action in Cycle 1, student learning outcomes increased on average to 64.87 with 3 students got a complete score above the KKM. And in Cycle 2, student learning outcomes increased again to 73.67 with 6 students getting a complete score above the KKM. The conclusion of this study is that a realistic mathematical approach can improve learning outcomes of fractional arithmetic operations on deaf students in class IX at SLBN 5 Jakarta. Keywords: Arithmetic Operation, Realistic Math, Deaf Students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Lalan Erlani, M.Ed. ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 15574 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 03:13 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 03:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36622 |
Actions (login required)
View Item |