PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI ONLINE FOOD DELIVERY DAN PICK-UP UNTUK LINGKUNGAN KAMPUS A UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA BERBASIS USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE LEAN UX

MUHAMMAD ADIYATMA ANDHIKA SURYANA, . (2022) PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI ONLINE FOOD DELIVERY DAN PICK-UP UNTUK LINGKUNGAN KAMPUS A UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA BERBASIS USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE LEAN UX. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya fungsi dan manfaat yang diberikan oleh online food delivery dan pick-up serta melihat potensi kedua layanan ini untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di kantin di lingkungan Kampus A Universitas Negeri Jakarta (UNJ), maka dilakukan penelitian untuk mendapatkan rancangan antarmuka berbasis user experience untuk pembeli, yaitu mahasiswa dari Kampus A UNJ dengan menggunakan metode Lean UX. Tujuannya adalah untuk mengakomodir kebutuhan, kebiasaan, dan mencoba memecahkan masalah pembeli dalam waktu yang cepat dan dengan biaya yang sedikit. Penelitian ini menghasilkan 1 iterasi, mulai dari tahap outcomes, hypotheses, assumptions hingga research and learning dengan bantuan platform pengujian Maze yang diberikan kepada 10 orang menggunakan metode think aloud dan penggunaan system usability testing. Hasil pengujian menunjukkan penilaian yang dominan positif, mulai dari feedback pengguna yang positif, tingkat efisiensi di atas 90%, dan tingkat kepuasan yang berada dalam kategori excellent, meskipun masih terdapat kekurangan dalam hal efisiensi karena terdapat alur dan tata letak yang tidak sesuai dengan ekspektasi pengguna yang menyebabkan durasi rata-rata yang terlalu lama dan misclick rate yang terlalu tinggi. The development of the functions and benefits provided by online food delivery and pick-up services and seeing the potential of these two services to overcome problems that occur in canteens in the Jakarta State University (UNJ) campus A environment, research was conducted to obtain an interface design based on user experience for buyers namely students from Campus A UNJ using the Lean UX method in order to accommodate their needs, habits and try to solve their problems in a short time and at a minimum cost. This research resulted in 1 iteration starting from the outcomes, hypotheses, assumptions to research and learning stages with the help of the Maze testing platform for 10 people using the think aloud method and the use of system usability testing with test results obtaining predominantly positive ratings starting from user feedback with positive responses , the efficiency level is above 90% and the level of satisfaction is in the excellent category although there are still deficiencies in terms of efficiency because there is a user flow and layout that is beyond user expectations, causing an average dominant duration that is too long and a misclick rate that is too high.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lipur Sugiyanta, S.T., M.Kom. Ph.D. 2). Irma Permata Sari, S.Pd., M.Eng
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 16733 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2023 05:11
Last Modified: 08 Feb 2023 05:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36768

Actions (login required)

View Item View Item