CAHYA KAMILA, . (2022) PERBANDINGAN METODE TOPSIS DAN WASPAS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PLATFORM MEDIA PEMBELAJARAN YANG TEPAT UNTUK PEMBELAJARAN DARING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (162kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
Abstract
Dengan munculnya Covid-19 di Indonesia, Pemerintah masih mempertahankan kebijakan pembelajaran jarak jauh. Hal yang harus dipersiapkan dalam proses kegiatan belajar secara daring diantaranya adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat agar pesan pengetahuan dari pengajar bisa sampai kepada pelajar secara efektif dan efisien. Untuk menjawab permasalahan tersebut, diperlukan adanya sistem pendukung keputusan untuk menentukan media yang tepat untuk pembelajaran dari hasil kegiatan belajar dapat terlaksana dengan maksimal. Sistem Pendukung Keputusan terdapat beberapa metode diantaranya metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) dan WASPAS (Weight Aggregated Sum Product Assesment) yang kerap memberikan performa terbaik nya dalam setiap keputusan. Terlepas dari hal tersebut, keduanya memiliki kekurangan seperti TOPSIS belum adanya penentuan bobot prioritas hitungan terhadap kriteria dan WASPAShanya mempertimbangkan nilai minimum dan maksimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa perbandingan metode TOPSIS dan WASPAS dalam menentukan platform media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran daring. Dalam penelitian ini diaplikasikan metode euclidean distance untuk melihat seberapa jauh jarak perbedaan antara kedua metode yang digunakan dan mengetahui metode yang paling relevan dan efektif. Data yang digunakan dalam penelitian berasal dari hasil observasi, wawancaradan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis perbandingan menggunakan Euclidean Distance mendapatkan hasil bahwa metode TOPSIS yang paling baik dalam menentukan media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran daring dibandingkan dengan metode WASPAS. With the emergence of Covid-19 in Indonesia, the Government still maintains a distance learning policy. Things that must be prepared in the process of online learning activities include choosing the right learning media so that the message of knowledge from the teacher can reach students effectively and efficiently. To answer these problems, it is necessary to have a decision support system to determine the right media for online learning so that the results of learning activities can be carried out optimally. There are several methods for Decision Support Systems including the TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) and WASPAS (Weight Aggregated Sum Product Assessment) methods which often provide the best performance in every decision. Apart from this, both have drawbacks such as TOPSIS, the absence of priority weights for the calculation of the criteria and WASPAS only considering the minimum and maximum values. The purpose of this study was to determine and analyze the comparison of TOPSIS and WASPAS methods on Decision Support Systems in determining the right learning media for online learning. In this study, the euclidean distance method was applied to see how far the difference between the two methods was used and to find out the most relevant and effective method. The data used in the study came from the results of observations, interviews, and questionnaires. The results showed that the comparative analysis using Euclidean Distance got the result that the TOPSIS method was the best in determining the right learning media for online learning compared to the WASPAS method.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Widodo, M.Kom. ; 2) Murien Nugraheni, S.T.,M.Cs. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 16780 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 06:02 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 06:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36796 |
Actions (login required)
View Item |