RANCANG BANGUNG SISTEM FAST CHARGING UNTUK MOBIL LISTRIK UNJ

ANDHIKA ACHMAD NURCHOLIS, . (2022) RANCANG BANGUNG SISTEM FAST CHARGING UNTUK MOBIL LISTRIK UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta sedang mengembangkan baterai berkapasitas besar menggunakan Li-Ion Polymer yang akan digunakan sebagai sumber energi pada mobil listrik UNJ. Oleh karena itu diperlukan sistem fast charging yang sesuai dengan kebutuhan mobil listrik agar waktu pengisian menjadi lebih efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah sistem pengisian baterai yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai pada mobil listrik UNJ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D oleh Borg and Gall yang meliputi 7 tahapan, yaitu: Research and Information Collecting, Planning, Development Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, dan Operational Product Revision. Penelitian ini mengintergrasikan ESP32 sebagai mikrokontroler, modul sensor ACS758 sebagai sensor yang dapat membaca arus, modul sensor ADS1115 sebagai sensor yang dapat membaca tegangan, Thermistor NTC sebagai sensor yang dapat membaca suhu, modul relay yang dapat mengendalikan kipas, serta LCD yang dapat menampilkan data pembacaan sensor. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap sistem fast charging yang sudah dibuat, kemudian sistem akan dibandingkan dengan alat pengisian daya lain untuk mengetahui apakah sistem dapat mempercepat waktu pengisian daya pada baterai mobil listrik UNJ. Hasil yang didapatkan dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengisian dengan menggunakan alat pengisian daya normal membutuhkan waktu 14 jam 47 menit untuk mengisi daya baterai hingga penuh, sedangkan ketika menggunakan sistem fast charging waktu pengisian yang dihasilkan berkurang menjadi 4 jam 12 menit. dari waktu yang dihasilkan selama pengujian dapat dikatakan bahwa sistem fast charging dapat mengurangi waktu pengisian yang dilakukan terhadap baterai mobil listrik UNJ dibandingkan menggunakan alat pengisian biasa. ***** Faculty of Engineering, State University of Jakarta is developing a large capacity battery using Li-Ion Polymer which will be used as an energy source in UNJ's electric car. Therefore, a fast charging system is needed that suits the needs of electric cars so that charging time becomes more efficient. The purpose of this research is to create a battery charging system that can be used to charge the battery in the UNJ electric car. This research uses the R&D research method by Borg and Gall which includes 7 stages, Research and Information Collecting, Planning, Development of Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, and Operational Product Revision. This study integrates ESP32 as a microcontroller, ACS758 module as sensor that can read current, ADS1115 module as sensor that can read voltage, NTC Thermistor as sensor that can read temperature, relay module that can control the fan, and LCD that can display reading data. In this research, a fast charging system was tested, then the system is compared with other charging devices to find out whether the system could speed up the charging time for UNJ electric car batteries. The results obtained from the tests carried out show that charging using a normal charging device takes 14 hours 47 minutes to fully charge the battery, while using a fast charging system the resulting charging time is reduced to 4 hours 12 minutes. From the result during the test, it can be said that the fast charging system can reduce the charging time for the UNJ electric car battery compared to using a regular charger.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rafiuddin Syam, S.T., M.Eng., Ph.D. ; 2). Vina Oktaviani, S.Pd., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 16856 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:06
Last Modified: 17 Feb 2023 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36863

Actions (login required)

View Item View Item